Ramadan

Viral, Video Salat Tarawih Tercepat di Dunia

JAKARTA – Tradisi salat Tarawih cepat masih dipertahankan di beberapa daerah di Indonesia. Salat Tarawih ini pun dianggap sebagai salat tarawih tercepat di dunia.

Rekaman video yang menunjukkan salat tarawih tercepat menjadi perbincangan ramai di media sosial.

Meski sangat cepat, tetapi tidak ada yang berubah dari gerakan salat. Hanya bacaan dan gerakan salat saja yang lebih cepat dari biasanya.

Mayoritas masjid yang melaksanakan salat Tarawih tercepat itu memilih Tarawih 20 rakat ditambah salat Witir 3 rakat.

Untuk melaksanakan salat Tarawih tercepat sebanyak 23 rakaat ini, jamaah hanya membutuhkan waktu antara 7-10 menit.

Berikut ini 3 lokasi tempat pelaksanaan salat Tarawih tercepat di dunia:

1. Salat Tarawih Tercepat di Malang

Tradisi salat Tarawih cepat di Masjid Pondok Pesantren (Ponpes) Shirotul Fuqoha, Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi, Malang Jawa Timur masih tetap dipertahankan hingga saat ini.

Salah Tarawih 23 rakaat di tempat ini dilangsungkan selama 8-10 menit.

Setiap malam, masjid ini dipenuhi ratusan jamaah. Mereka datang untuk melaksanakan salah Tarawih secara berjamaah.

Tradisi salah Tarawih cepat di tempat ini sudah berjalan selama 20 tahun lebih.

Pelaksanaan salat Tarawih kilat ini sempat dikritik, tetapi pengasuh Ponpes Shirotul Fuqoha’ KH Mohamad Dahlan Ghani memiliki dalil dan hukum fikih yang sahih terkait pelaksanaan salat Tarawih kilat.

Berikut ini video salat Tarawih tercepat di Ponsep Shirotul Fuqoha Malang:

2. Salat Tarawih Tercepat di Blitar

Tradisi salat Tarawih kilat juga dilaksanakan di Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Desa Mantenan, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Salat Tarawih dan salat Witir sebanyak 23 rakaat di tempat ini dilaksanakan hanya sekitar 8-10 menit.

Tradisi salat cepat di Pondok Pesantren Mambaul Hikam sendiri, dilakukan hanya untuk salat Tarawih dan Witir saja, Sedangkan untuk salat lima waktu, tetap seperti pada umumnya.

Setiap hari, masjid yang berada di lingkungan Pondok Pesantren tersebut, tidak pernah sepi dari ratusan jamaah yang ingin ikut salat Tarawih.

Tidak hanya jamaah dari sekitar pondok pesantren, namun jamaah dari desa-desa di sekitar pondok, juga memilih ikut melaksanakan salat terawih di masjid pondok pesantren Mambaul Hikam.

Para jamaah mengaku, selalu memilih mengikuti salat tarawih di pondok pesantren ini, selain karena cepat juga dapat menghemat waktu. Karena sholat tarawih di pondok pesantren ini dilakukan sangat cepat.

Pondok Pesantren Mambaul Hikam berdiri sejak tahun 1901 oleh Alm KH Abdul Ghofur.

Hingga saat ini, sudah 4 generasi yang menjadi pengasuh Ponpes Mambaul Hikam yang merupakan salah-satu Pondok Salafiyah terbesar di Kabupaten Blitar.

Berikut video salat Tarawih tercepat di Blitar jawa Timur:

3. Salat Tarawih Tercepat di Indramayu

Selain di Jawa Timur, tradisi salat Tarawih tercepat juga dilaksanakan Jawa Barat, tepatnya di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah, Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu.

Pelaksanaan salat Tarawih kilat di tempat ini bertujuan untuk menggerakkan kalangan remaja agar tertarik mengikuti salat Tarawih berjamaah.

Pelaksanaan salat Tarawih 20 rakat dan salat Witir 3 rakaat di tempat ini hanya membutuhkan waktu antara 7-10 menit.

“Jamaah salat tarawih merupakan kalangan anak muda. Mereka bisa mengimbangi kecepatan imam dalam melaksanakan salat tarawih,” ucap Pengasuh ponpes Al-Qur’aniyah, Azun Mauzun.

Berikut video salat Tarawih tercepat di Indramayu Jawa Barat:

(one/pojoksatu)

Tags

Tinggalkan Balasan