Pileg DPR-RIPolitik Kabupaten SukabumiPolitik Kota SukabumiSUKABUMI

Incumbent Sulit Digeser

POLITIK SUKABUMI – Sebanyak 6 kursi Anggota DPR RI di Dapil IV Jabar Kota dan Kabupaten Sukabumi berpotensi masih dikuasai oleh Calon Anggota Legislatif (Caleg) petahana. Sedangkan Caleg muka baru hanya satu orang yakni diisi oleh partai Demokrat yang mengantarkan Mantan Walikota Sukabumi, Mohamad Muraz melenggang ke senayan.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik, Asep Deni berpendapat kalau melihat khusus caleg DPR RI ini, masih didominasi oleh Anggota Dewan lama.

Artinya, para Aleg yang mencalonkan kembali ini masih memiliki basis massa yang cukup kuat. “Saya melihatnya mereka itu masih kuat dan memang yang terpenting masih memiliki kepercayaan di mata masyarakat Sukabumi,” ujarnya.

Kontestasi Pilpres yang begitu ketat ini, nampaknya tidak berpengaruh terhadap suara Caleg. Tetapi pengaruh itu ada kepada suara partai politik. “Ternyata kan tidak ada yang baru, masih didominasi oleh petahana,” katanya.

Untuk suara partai Kata Asep Deni, ada pengaruhnya dari efek Pilpres. Sebut saja PKS dan terutama Partai Gerindra. Dampak Pilpres begitu terasa untuk partai Gerindra yang membuat suaranya sangat luar biasa.

“Kokab Sukabumi Capres 02 ini running didepan. Sehingga, berimbas kepada partai pengusung 02 selain PAN dan Demokrat yakni PKS dan Gerindra,” ungkapnya.

Sedangkan saura PPP di Sukabumi ini, nampaknya kurang bagus sehingga Aleg incumbent, Reni Marlinawati gagal melangkah kembali ke senayan. Meskipun, suara pribadi Reni ini cukup bagus.

“Elektabilitas suara partai rendah ini yang tidak bisa bersaing dengan partai lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh pimpinan partai pusat yang terjerat kasus korupsi. Ini jelas pengaruhnya cukup besar. Sedangkan pimpinan barunya, tidak bisa berkonsolidasi dengan cepat,” bebernya.

Ditambahkannya, fenomena yang menarik lagi yakni suara Heri Gunawan mampu melesat jauh dibandingkan caleg lainnya. Menurut Asep Deni, ada tiga poin yang memang mempengaruhi suara Hergun besar.

“Pertama pengaruh dari partainya yang relatif bagus. Dimana, Prabowo eletabitasnnya tinggi dan Hergun berada di posisi nomor satu,” ujarnya.

Kedua, selama Hergun menjadi anggota DPR RI, dia mampu melakukan fungi representasi. Artinya, dia mampu melakukan bagaimana bisa memberikan kontribusi positif bagi daerah pemilihannya dan ini sangat nampak sekali.

“Ketiga, ditambah lagi dengan kerja bersama yang dilakukan oleh Hergun dan tim yang luar biasa,” pungkasnya.

Dari data yang diperoleh Radar Sukabumi, posisi suara terbanyak didapat Incumbent dari Partai Gerindra, Heri Gunawan dengan raihan total suara 113.463 suara.

Disusul posisi kedua caleg PAN Desy Ratnasari dengan perolehan 86.440. Kemudian ada Caleg dari Partai Golkar, Dewi Asmara dengan medapat perolehan 54.835 suara.

Di posisi tiga, ada caleg dari PKS, Slamet dengan memperoleh 50.488 suara.

Disusul pendatang baru yang juga mantan Walikota Sukabumi, M Muraz dengan raihan 42.125 suara dan terakhir incumbent dari PDIP, Ribka Tjiptaning dengan raihan total 38.425 suara.
(bal)

Tags

Tinggalkan Balasan