Kecamatan CikolePemerintah Kota Sukabumi

Peserta Kontes Burung Dibanjiri Peserta Luar Jawa

CIKOLE— Kontes burung berkicau untuk memperebutkan Walikota Cup dibanjiri ribuan peserta, kemarin (28/4). Kegiatan yang diselenggarakan di Lapangan Sepak Bola Kodim 0607/ Kota Sukabumi ini tidak hanya diikuti perserta lokal, namun dari berbagai daerah pulau Jawa dan Luar pulau Jawa.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengapresias kegiatan tersebut. Menurut dia, acara ini menjadi salah satu cara untuk mengenalkan Kota Sukabumi kepada masyarakat luas.

Dimana, peserta yang mengikuti kontes berasal dari berbagai daerah, bahkan dari luar pulau Jawa.

“Tentunya kita sangat mengapresiasi.

Secara langsung, kontes ini mengenalkan Kota Sukabumi ke daerah luar dan diharapkan menjadi kenang-kenangan mereka untuk kedepannya berkunjung kembali,” ujar Fahmi usai meninjau kontes burung.

Ia berharap, kontes burung ini bisa menjadi agenda rutinan.

Sebab, tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada peningkatan ekonomi warga di sekitar lokasi perlombaan.
“Saya lihat banyak yang jualan juga, tentunya ini akan meningkatkan perekonimian warga,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Iip Saripudin megnaku bersyukur bisa menyelenggarakan kegiatan dengan meriah.

Diakui Iip, Kontes Berkicau Burung dengan memperebutkan piala Walikota Cup telah diminati masyarakat sampai akhirnya terdaftar lebih kurang 2.000 peserta dari beberapa wilayan di Indonesia.

“Alhamdulillah, walau cuaca kurang mendukung namun tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti kontes memperebutkan piala Walikota Cup dengan total hadiah sebesar Rp 10 juta,” ungkap Iip.

Dengan tujuan menyatukan masyarakat khususnya pecinta burung di seluruh daerah, diharapkan dapat meningkatkan solidaritas sesama komunitas dan bahu membahu melestarikan keanekaragaman burung yang ada di alam semesta.

“Selain itu juga untuk meningkatkan daya tarik wisatawan dari berbagai kota baik Jabar maupun luar Jabar untuk mengunjungi keindahan Kota Sukabumi melalui kompetisi ini,” tuturnya.

Pihaknya pun mengaku sangat bangga dengan pemerintahan sekarang yang turut serta mensukseskan acara.

“Saya harap komunitas burung bisa semakin hebat dan Kota Sukabumi semakin kuat,” imbuhnya.

Ditempat terpisah, salah seorang peserta asal Kota Palembang, Fajar mengatakan ia dan komunitas burung Palembang baru pertama kali mengikuti kontes yang digelar di Kota Sukabumi.

“Jauh-jauh dari Palembang ke Sukabumi sangat luar biasa, kami datang bertujuh setelah mengikuti kontes serupa di Cianjur beberapa hari yang lalu.
Saya harap gelaran ini tidak untuk sekali saja dan Kota Sukabumi harus lebih rutin lagi menggelar acara besar seperti ini,” pungkas Fajar.

(cr5/d)

Tinggalkan Balasan