Lubang Raksasa Muncul di Kadudampit, Diameter Makin Besar

Lubang besar kembali muncul di Kampung Legoknyenang, RT 05/ 02, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit.

Pejabat Fungsional Perekayasa Utama Badan Geologi : Warga Sekitar Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

SUKABUMI — Warga Kampung Legoknyenang, RT 05/ 02, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, kembali gempar, kemarin (28/4). Ini setelah lubang besar muncul lagi dari sebelumnya. Kali ini munculnya dengan diameter yang bertambah besar.

Dari pantauan Radar Sukabumi, lubang berukuran besar yang terbentuk di area pesawahan warga awalnya hanya berdiameter kurang lebih 16 meter dengan kedalaman sekitar 12 meter muncul di pesawahan warga sekitar pukul 04.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Namun, saat ini lubang tersebut semakin melebar hingga berukuran 20 meter dan kedalaman 12 meter. Akibatnya, satu rumah warga milik Cece Sudirman (61) dan inspratuktur jalan terancam tergerus.

Warga setempat Cece Sudirman (61) menjelaskan, sekitar pukul 04.00 WIB, dirinya mendengar gemuruh seperti turun hujan. Kanrena penasan, akhirnya memutuskan untuk keluar rumah melihat ke arah datangnya suara dan ternyata di area pesawahan terbentuk lubang besar seperti yang sempat terjadi pada beberapa waktu lalu di lokasi yang sama.

“Kejadian ini kedua kalinya terjadi. Saya kaget ketika mendengar gemuruh dan getaran kuat seperti terjadi gempa bumi. Karena jarak rumah hanya sekitar 10 meter dari lubang besar ini sehingga saya bisa menyaksikan dengan jelas ketika amblasnya,” jelas Cece kepada Radar Sukabumi, Minggu (28/4).

Menurutnya, terbentuknya lubang besar tersebut akibat dibawah area pesawahan di bawah tanahnya terdapat goa bekas peninggalan zaman dahulu.

Namun, saat ini goa tersebut sudah menjadi saluran air. “Air mengkikis tanah hingga membentuk lubang besar seperti ini. Khawatir lubang ini menggerus rumah kami yang mana tidak jauh dari lokasi,” tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *