Dishub Terjunkan Tim Normalisasi Drainase

MEMBAHAYAKAN: Kondisi terakhir jalan amblas di Jalan A Yani Kota Sukabumi membahayakan pengguna jalan. IST

CIKOLE– Jalan amblas yang membuat lubang di Jalan A Yani akhirnya dibenahi Dinas Perhubungan Kota Sukabumi. Sat ini, jalan dan saluran drainase tersebut sudah kembali dinormalisasi.

Kepala Bidang Binamarga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Suhendar mengungkapkan, tim penanganan drainase Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi telah melakukan tindakan penanganan untuk normalisasi saluran tersebut.

“Tadi (kemarin, red) kami sudah menerjunkan tim untuk melakuakan normalisasi saluran drainase yang rusak itu, memang dibawah penyeberangan jalan itu adalah saluran air,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (25/4).

Drainase di Jalan A. Yani, khususnya sepanjang simpang alan PGRI sampai dengan simpang BRI merupakan saluran tertutup yang berada di badan jalan, dengan interval tertentu terdapat bak-bak kontrol yang ditutup grill besi atau Plat Beton.

“Diatas plat belum itu ditutupi oleh aspal, sedangkan kondisi di Jalan itu memang karena sampah yang menutupi saluran air dan akhirnya karna debut air tinggi sehingga meluap ke atas jalan,” terangnya.

Kondisi eksisting saat ini, lanjut Suhendar, pada saluran drainase tersebut telah banyak sampah dan di perparah dengan hambatan-hambatan pengaliran air oleh utilitas lain yang memanfaatkan saluran drainase.

“Intinya, debit air besar saluran terhambat oleh sampah sehingga air merusak penutup drainase itu dan terjadilah seperti itu,” ujarnya.

Pada saat kejadian, hujan yang relatif besar ketika seluruh tangkapan air hujan masuk ke saluran drainase tertutup dan arus aliran tersebut tertahan oleh hambatan.

Maka air akan menekan pada bagian yang lemah.

“Dalam hal ini air menekan ke atas pada plat bak kontrol yang telah dilapis aspal, secepatnya kami akan perbaiki kembali ke semula,” pungkasnya.

(upi/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *