Pileg DPR-RIPileg JabarPolitik Kabupaten SukabumiPolitik Kota SukabumiSUKABUMI

KPU Lamban Upload C1 ke Web KPU

POLITIK SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membuka ruang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk melihat hasil perhitungan suara secara online, baik itu Pilpres hingga Pileg DPRD kota dan kabupaten.

Hanya saja, dalam proses input data c1 yang sudah dikirimkan oleh KPU daerah, tida bisa dinikmati secara cepat oleh masyarakat.

“Iya betul, kami tadinya ingin melihat secara online hasil untuk DPRD Kota Sukabumi, tapi lambat datanya,” ujar Sekretaris DPD PAN Kota Sukabumi, Tendi Lukamana Hakkim kepada radar Sukabumi, kemarin (24/4).

Meskipun itu bukan menjadi hasil final, tapi setidaknya partai bisa mempunyai data pembanding dengan input data yang dilakukan oleh internal partai. “Entah emang inputnya lambat atau seperti apa, yang jelas tidak bisa dilihat secara updaet dan cepat,” katanya.

Padahal, form c1 itu kata Tendi tentunya KPU sudah memilikinya secara keseluruhan TPS di Kota Sukabumi. “Kalau cepat diakses, kita bisa enak membandingkannya,” tandasnya.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Kota Sukabumi, Usep Ubaidilan. Menurutnya, akibat dari lambannya menginput data C1, saat ini setiap partai sudah mengklaim kemenangan kursinya masing-masing.

“Setiap partai sekarang sudah menyebarkan seolah-olah perolehan masing-masing partainya sudah fiks mendapatkan kursi sekian. Hal ini jelas menyesatkan masyarakat karena belum ada kekuatan hukumnya,” tutur Utek sapaan akrab Usep Ubadillah.

Meskipun itu hanya data sementara, tapi seharusnya hanya menjadi konsumsi internal. Karena, tetap saja harus menghormati proses tahapan demi tahapan yang sedang dilakukan KPU.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan