Waspada Gelombang Tinggi

Ilustrasi

RADARSUKABUMI.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai Selatan Sukabumi khususnya Palabuhanratu agar meningkatkan kewaspadaannya.

Pasalnya di perairan ini diprediksi gelombang akan mengalami peningkatan mulai Senin hingga hari ini.

Bacaan Lainnya

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir pantai Selatan Sukabumi dan sekitar area pantai yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” jelas Staff Observasi BMKG Bandung, Arif kepada Radar Sukabumi melalui telepon selulernya, kemarin (17/4).

Lebih lanjut ia menjelaskan, pola angin di wilayah utara Indonesia umumnya dari Barat Laut sampai Timur Laut dengan kecepatan 3 hingga 20 knot. Sedangkan di wilayah selatan Indonesia umumnya dari Timur hingga Selatan dengan kecepatan 3 sampai 20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa hingga NTB, Laut Sawu bagian selatan, Perairan selatan Kepulauan Tanimbar dan Laut Arafuru.

“Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut. Sementara untuk prakiraan perairan tinggi gelombang di wilayah perairan Jawa Barat pada 17 sampai 18 April mencapai 1,5 meter hingga 4 meter,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *