KABUPATEN SUKABUMI

Satu Rumah Terancam Longsor

GUNUNGGURUH – Akibat diguyur hujan, tebing setinggi 10 meter di Kampung Pojok, RT 2/11, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh amblas sekira pukul 16.30 WIB. Satu rumah yang tak jauh dari lokasi pun kini terancam tergerus tanah.

Rumah yang terancam amblas itu ialah milik Yunus (45), warga sekitar. Insiden ini terjadi karena beberapa hari ini wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

“Kami langsung meninjau lokasi longsor untuk melakukan assessment bersama relawan BPBD Kecamatan Gunungguruh. Memang ada satu rumah yang terancam longsor,” jelas Sekertaris Desa Sirnaresmi, Wahyu kepada Radar Sukabumi, kemarin (16/4).

Berdasarkan peninjauan di lapangan, sambung Wahyu, bencana longsor ini terjadi akibat hujan deras dan kontur tanah cukup labil. Sehingga ketika diguyur hujan deras, tebing tersebut amblas.

“Alhamdulillah tidak sampai membahayakan ataupun memakan korban jiwa,” bebernya.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, saat kejadian longsor, petugas relawan BPBD Kecamatan Gunungguruh bersama warga dan pemerintah setempat langsung bergotong royong menyingkirkan material tanah yang menutupi jalan lingkungan.

“Berdasarkan laporan petugas relawan di lapangan, bantuan yang dibutuhkan adalah bronjong dan karung untuk membuat penahan tanah di lokasi tebing,” imbuhnya.

Untuk meminimalisir bencana serupa, BPBD Kabupaten Sukabumi menghimbau kepada seluruh warga Kabupaten Sukabumi supaya meningkatkan kewaspadaannya selama musim hujan berlangsung, khusunya bagi warga yang bermukim di daerah perbukitan.

“Cuaca ekstrim saat ini menyababkan kondisi tanah yang labil mudah bergeser. Sehingga berpotensi terjadinya bencana longsor.

Untuk itu, warga harus dapat meningkatkan kewaspadaannya. Karena, bencana alam tidak dapat dipredikasi,” pungkasnya. (Den/d)

Tags
loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close