Pemkab Sukabumi

Bupati Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah

SUKABUMI — Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan wakilnya, Adjo Sardjono mengevaluasi kinerja seluruh perangkat daerah dan camat periode April. Pelayanan kepada masyarakat dan pemanfaatan sumber daya alam dalam rapat evaluasi ini menjadi isu utama.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, selama ini Marwan Hamami sering mendapatkan keluhan dari masyarakat soal pelayanan yang diberikan para pegawainya.

Secara garis besar, pelayanan kepada publik sampai saat ini belum optimal. “Kasihan rakyat kita, hanya untuk pelayanan saja mereka harus diping-pong ke sana kemari.

Banyak keluhan masyarakat masuk kepada saya. Karena itu, saya meminta supaya setiap perangkat daerah bisa meningkatkan kepekaannya agar menangani masalah dengan solusi secara cepat,” ujar Marwan ketika rapat dinas di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, Palabuanratu, kemarin (15/4).

Selain itu, Marwan juga menegaskan kepada seluruh perangkat daerah dan camat agar mengoptimalkan potensi daerah yang ada di masing-masing wilayah. Ini agar tercipta kemandirian.

“Pariwisata itu bukan keindahan alam saja, tetapi agrowisata yang terpadu, seiring selesainya pembangunan tol tentunya sektor wisata akan tumbuh pesat dan menjadi tujuan wisata atau investasi,” imbuhnya.

Marwan juga menyinggung soal banyaknya program pusat dan daerah yang tidak terkomunikasikan langsung kepada masyarakat.

Semisalnya dengan Pusat Layananan Usaha Terpadu (PLUT) di Kecamatan Cikembar yang menyediakan jasa non finansial secara menyeluruh dan hubungan bagi Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) guna untuk meningkatkan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses ke pembiayaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan.

“Banyak program pusat dan daerah yang tidak terkomunikasikan dengan baik. Contohnya PLUT, padahal di PLUT itu menyediakan pelatihan wirausaha bagi masyarakat tapi saat ini belum berjalan maksimal,” tandasnya.

Karena itu, Marwan meminta agar perangkat daerah bisa menjalin komunikasi dengan baik sehingga hal itu dapat menyelesaikan setiap masalah yang timbul.

“Komunikasi diantara perangkat daerah harus terjalin baik untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di lapangan. Mari perbaiki persoalan yang ada di lapangan secara bersama-sama dimulai dari persoalan yang kecil untuk terwujudnya Sukabumi yang lebih baik,” pungkasnya. (bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan