Pemkab Sukabumi

Mensos: Program Kube Sejahterakan Masyarakat

CIBADAK— Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mempersiapkan sejumlah program untuk kesejahtraan masyarakat. Salah satunya peluncuran program Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Hal tersebut untuk mempercepat program pemerintah dalam mensejahtrakan masyarakat. “Jadi program yang ada dipemerintah bisa berjalan lebih cepat termasuk.

Program yang ada di kemantrian sosial seperti berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat bagaimana kita mendorong masyarakat yang prasejahtra,” kata Agus ketika menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fadhilah, di Kampung Bantarmuncang, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, kemarin (10/4).

Menurutnya, program KUBE merupakan program khusus untuk para ibu-ibu. “Mereka mau memulai jenis usaha apa, nanti kita dengan pemerintah daerah melakukan pendampingan agar usaha itu bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Tak hanya itu, pemerintah juga akan memberikan permodalam bagi setiap kelompok KUBE yang mana dalam satu kelompoknya terdapat sebanyak 10 anggota. “Program KUBE ini khusus untuk para ibu-ibu. Sedangkan untuk perorangannya kami meluncurkan program Usaha Ekonomi Produktif (UEP),” cetusnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, terdapat 26 jenis Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang menjadi tanggung jawab Kemensos. Diantaranya, persoalan narkoba, wanita tuna sosial, distabilitas, lanjut usia, keluarga korban pelaku teroris, eks narapidana, gelandangan, pengemis dan lainnya.

“Tentunya kami tidak dapat bekerja sendiri perlu adanya dukungan dan dorongan dari semua elemen khsusunya pihak pesantren yang dapat bekerjasama dalam menyukseskan semua program yang diluncurkan pemerintah,” paparnya.

Dirinya menambahkan, kesejahtraan sosial salah satunya adalah kegiatan sosialisasi perlindungan anak. Menurutnya, perlindungan anak ini bermula dari lingkungan keluarga harmonis.

“Kita pahami semua itu bermula dari keluarga. Kalau keluarga bahagia dan sehat harmonis saya yakin bangsa ini akan maju. Jadi semua bermula dari keluarga,” pungkasnya. (bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan