RS Betha Medika

Tips Tetap Sehat Saat Traveling

Oleh : Dr. Elfani Sakinah
Dokter Umum RS Betha Medika

Selamat pagi pembaca. Banyak diantara kita yang menyukai traveling. Bukan hanya sekedar hobi, traveling bagi sebagian orang sudah menjadi kewajiban untuk meluangkan waktu mengunjungi tempat-tempat yang baru. Nah, selain menyenangkan, traveling itu juga bisa menguras tenaga kita dan membuat kita sakit. Oleh karena itu dibutuhkan persiapan yang cukup agar tubuh tetap sehat dan bisa menikmatinya. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar tetap sehat saat traveling.

1. Biasakan untuk selalu mencuci tangan

Cuci tangan merupakan salah satu hal penting yang dapat dengan mudah dilakukan semua orang untuk menjaga kesehatan. Selama traveling anda akan bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, entah sudah berapa banyak hal yang anda sentuh dan membuat kuman serta bibit penyakit menempel pada tangan Anda. Cuci tangan dapat membunuh dan mengurangi kotoran yang hinggap pada tangan Anda. Terutama sebelum Anda makan dan minum.

2. Hati hati dalam memilih makanan dan minuman

Berjalan-jalan mengunjungi berbagai tempat memberi kesempatan Anda menemukan makanan baru yang menarik hati. Tapi, tunggu dulu, sebaiknya Anda memilah kembali makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi. Misalnya Anda alergi terhadap suatu bahan makanan, pastikan anda tidak memakanannya.

3. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup adalah salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh Anda saat traveling. Faktor perbedaan cuaca dan tingkat aktivitas Anda selama traveling juga perlu menjadi pertimbangan banyaknya cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila Anda lebih banyak berjalan kaki, bergerak, dan beraktivitas saat liburan, tingkatkan konsumsi cairan lebih dari biasanya.

4. Tidur yang cukup

Meskipun sedang seru jalan jalan, penting bagi Anda untuk tetap mematuhi aturan tidur yang baik. Beberapa situasi bisa membuat jadwal tidur Anda berantakan, namun tetap pastikan Anda mendapat kesempatan tidur yang cukup agar tidak mempengaruhi kondisi kesehatan Anda.

5. Lindungi tubuh dari paparan sinar matahari langsung.

Salah satu yang membuat tubuh drop saat traveling adalah terlalu lama dibawah sinar matahari. Untuk mengantisipasi hal ini, gunakanlah topi dan kacamata hitam untuk sedikit mengurangi paparan sinar matahari langsung

6. Sebelum berangkat, pastikan tubuh dalam kondisi yang fit.

Periksalah kesehatan ke dokter jika diperlukan. Bila memang dibutuhkan vaksin tertentu untuk mendatangi suatu negara, lakukanlah. Bila memang ingin melakukan traveling yang ekstrim seperti mendaki atau diving, berolahraga rutin beberapa minggu sebelum berangkat traveling sangat direkomendasikan.

7. Selalu sediakan obat-obatan.

Yang terakhir tapi tidak boleh dilupakan adalah selalu sediakan obat-obatan selama traveling. Pasalnya, Anda tidak pernah tahu kapan hal-hal terburuk akan terjadi pada diri Anda. Beberapa obat yang mungkin Anda butuhkan:

  • Obat demam seperti paracetamol atau ibuprofen
  • Obat nyeri seperti natrium diclofenac, piroksicam, meloxicam.
  • Obat flu dan batuk yang dijual bebas di Indonesia tapi mungkin tidak ditemukan dinegara lain.
  • Obat alergi seperti cetirizine atau loratadine
  • Obat lambung seperti ranitidine, omeprazole atau lansoprazole
  • Obat diare seperti diatabs atau diaform, loperamide
  • Obat-obat lainnya yang rutin Anda konsumsi, misalnya obat-obat antihipertensi, obat diabetes mellitus, obat-obatan jantung, dan lain lainnya
  • Obat-obat luar misalnya untuk meredakan nyeri badan yang dijual dipasaran
  • Jangan lupa konsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh Anda

Jadi beberapa tips diatas bisa Anda terapkan untuk menjaga tubuh Anda dan mencegah sakit saat traveling. Banyak yang perlu dipertimbangkan saat traveling, termasuk kesehatan.

Jangan hanya mementingkan barang-barang yang akan dibawa traveling saja atau pesawat murah saja atau kamera saja saat jalan-jalan, namun kesehatan Anda yang utama, bawalah obat-obatan yang kelak mungkin Anda perlukan agar traveling tetap menyenangkan.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share informasi kesehatan kepada kerabat dan juga saudara dirumah ya…

Salam semakin sehat dari kami, keluarga besar RS Betha Medika.(*)

Tags

Tinggalkan Balasan