Santri Berprestasi Bisa Kuliah Gratis di Undip

Para santriwati Ponpes Sabilurrosyad Malang saat 17-an.

RADARSUKABUMI.com, JAKARTA – Mulai tahun ini para santri bisa menikmati beasiswa kuliah pada jurusan Ilmu Hukum dan Ilmu Gizi di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, yang menjadi bagian dari Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama (Kemenag) Ahmad Zayadi mengatakan, pihaknya menginginkan dibukanya pilihan jurusan Ilmu Hukum serta Ilmu Gizi lantaran saat ini PBSB belum membukanya. “Sementara jurusan Ilmu Gizi baru diberikan untuk satu kursi di IPB Bogor,” ujar Ahmad Zayadi.

Zayadi optimistis, pilihan PBSB pada kampus yang sudah berdiri sejak 1956 ini akan banyak peminat. Di samping sebagai bagian dari ikhtiar untuk mengakselerasi proses mobilitas sosial-vertikal kaum santri, kampus sebesar Undip akan diminati.

Wakil Rektor Undip Bidang Riset dan Inovasi Ambariyanto menyampaikan, di kampusnya banyak mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari instansi/lembaga. Undip sendiri juga memberikan beasiswa bagi mahasiswanya.

“Saat ini Undip memberikan beasiswa Bibit Unggul Berprestasi yang juga bisa diikuti oleh santri Hafizh Alquran minimal 20 juz,” jelasnya.

Hasil pertemuan ini menyepakati, kuota Prodi Ilmu Hukum untuk tiga santri. Sedang dua santri untuk Prodi Ilmu Gizi. Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) PBSB oleh dua pihak. MoU ini akan menjadi pedoman bersama dalam pengelolaan PBSB 2019.

“Kami berharap santri PBSB lulusan Ilmu Hukum dan Ilmu Gizi Undip ini nantinya akan memiliki peran di pesantren asalnya, minimal pada 1 lustrum ke mendatang,” tutup Zayadi.

(esy/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *