Lulusan PMDSU Bakal Langsung Diangkat CPNS

Pembukaan World Education Expo Indonesia 2019 yang diikuti 54 institusi dalam negeri dan 18 institusi luar negeri.

RADARSUKABUMI.com, JAKARTA – Kemenristekdikti bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), tengah menggodok regulasi pengangkatan CPNS dari lulusan program beasiswa PMDSU (Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul).

Dengan adanya payung hukum ini diharapkan, para doktoral lulusan PMDSU bisa memperkuat manajemen aparatur sipil negara (ASN) di Indonesia.

“Bisa dibayangkan bagaimana ASN kita diisi oleh lulusan PMDSU yang merupakan sarjana unggul, birokrat kelas dunia akan lebih cepat tercapai.

Makanya, kami berupaya membahasnya secara intens dengan KemenPAN-RB agar regulasinya cepat turun,” tutur Sekretaris Dirjen (Sesdirjen) Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi John Hendri, usai membuka World Education Expo Indonesia 2019 di Kantor Kemenristekdikti.

Saat ini sudah ada 57 lulusan PMDSU. Di antara mereka ada yang sudah menjadi PNS, tapi melalui usaha sendiri. Itu sebabnya, Kemenristekdikti berupaya membuatkan regulasi agar semua lulusan PMDSU bisa menjadi CPNS.

“Kenapa diusulkan jadi CPNS karena mereka ini SDM unggul. Bayangkan di usia 25 tahun sudah raih gelar doktor. Daripada diambil perusahaan asing, lebih baik mereka diangkat CPNS agar bisa memajukan bangsa ini,” tutur John.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *