Pemkab Sukabumi

2019, Dorong Program Pemberdayaan Sektor Perekonomian Masyarakat

Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi

Pemerintah Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi mengedepankan program pemberdayaan masyarakat untuk 2019. Titik beratnya pada sektor industri rumah tangga dan Usaha Kecil Menengah (UKM)

Laporan Didiet Rahma Aditya

Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi dipimpin Camat Sagaranten, Drs. H. Deni, MM dengan Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Sagaranten, Suherman, S.IP. Berbicara program di 2019, Sekmat Sagaranten, Suherman, S.IP menerangkan titik beratnya ada pada pemberdayaan masyarakat. “Dalam hal ini perekonomian masyarakat,”katanya.

Perekonomian masyarakat tersebut bertitik tumpu pada rencana peningkatan ekonomi masyarakat untuk sektor industri rumahan/rumah tangga atau UKM.

Suherman menerangkan pihaknya akan melakukan pembinaan bidang kerajinan masyarakat di 12 desa yang ada di Kecamatan Sagaranten.

“Seperti tanam pohon pala di Desa Margaluyu, Gunung Bentang, dan Curug Luhur,”sebutnya. Kemudian, imbuhnya, pemberdayaan/pembinaan untuk kerajinan piring anyaman di Desa Cibaregbeg dan Sinar Bentang.

Tak hanya kerajinan, pemberdayaan masyarakat ini juga akan dilakukan pihaknya untuk sektor peternakan ayam petelur di Desa Mekarsari.

“Di Desa Datar Nangka ada juga peternakan domba,”terangnya. Menurut Suherman, sifat pembinaan tersebut dikerjasamakan dengan Dinas Pertanian/Peternakan.

Sementara itu, tidak hanya di sektor pemberdayaan masyarakat, pada 2019 pihaknya juga mengharapkan adanya bantuan untuk infrastruktur jalan di Desa Sagaranten dan Puncak Manggis. “Rata-rata infratruktur jalan gang sepanjang 800 meter dan lebar dua meter,”tuturnya berharap dapat terwujud. (*)

Wilayah Berpotensi Perdagangan, Pertanian, UKM, dan Wisata Lokal

Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi memiliki 12 desa. Ke-12 desa tersebut antara lain, Pasanggrahan, Hegarmanah, Curug Luhur, Mekarsari, Puncak Manggis, Gunung Bentang, Sinar Bentang, Datar Nangka, Cibaregbeg, Cibitung, dan Margaluyu.

Berbagai potensi menghiasi kecamatan yang dipimpin Camat Sagaranten, Drs.H.Deni, MM. Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Sagaranten, Suherman menyebutkan di antaranya ada wisata lokal yang cocok untuk bumi perkemahan (Buper) di tiga desa.

“Yakni, Datar Nangka, Gunung Bentang, dan Curug Luhur,”sebutnya. Ketiga wisata Buper tersebut diharapkan dapat menggeliatkan potensi Kabupaten Sukabumi. Selain wisata lokal, potensi lain yang ada di Kecamatan Sagaranten adalah sektor riil pertanian padi dan palawija singkong.

Potensi tersebut menurutnya hampir menyeluruh di semua desa. Potensi di sektor UKM juga berkembang di Sagaranten ada UKM kue kering, ranginang, rangining.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Kecamatan Sagaranten juga memiliki pasar kabupaten yang terdapat pertokoan di dekatnya. Di dekat pasar tersebut juga terdapat sub terminal Sagaranten. (dit)

Tags

Tinggalkan Balasan