RS Betha Medika

Dukungan/Support Orang-orang Terdekat Percepat Penyembuhan

Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah kesehatan. Jika seorang individu merasakan hadirnya penyakit di tubuh dan jiwanya, maka ia akan melakukan upaya penyembuhan.

Maslaw mengatakan bahwa suatu sifat dapat dipandang sebagai kebutuhan dasar jika memenuhi beberapa syarat diantaranya ketidak hadirannya menimbulkan penyakit dan kehadirannya mencegah timbulnya penyakit.

Maka dari itu, kesehatan menjadi satu dari beberapa kebutuhan dasar yang tak terbantahkan bagi manusia.

Konsep sehat dan sakit tidak hanya berfokus pada fisik saja, melainkan juga pada Psikis. Ada penyakit fisik ada juga penyakit psikologis. Relevan bila saat ini biopsikologis dikembangkan mengingat sempitnya ruang lingkup model biopsimedis.

Hati, tubuh dan pikiran adalah satu. Ketiga komponen dalam diri manusia ini mempunyai keterkaitan yang kuat. Timbulnya penyakit tidak hanya disebabkan faktor-faktor fisik, melainkan dipengaruhi pula faktor-faktor psikologis.

Sama halnya dengan kesembuhan. Peluang kesembuhan tak hanya bergantung pada faktor fisiologis. Faktor psikologis memberi peranan yang tak kalah besarnya.

Pemberian obat-obatan, terapi aturan pola hidup sehat dan asupan gizi menjadi langkah prosedural yang cukup signifikan dalam proses penyembuhan penyakit.

Setelah semua langkah medis diterapkan, lakukanlah metode penyembuhan secara psikologis. Dukungan dan motivasi dari orang-orang terdekat, itulah yang perlu dilakukan.

Support dari keluarga, teman, sahabat, rekan kerja, atau pasangan dapat memberikan pengaruh positif bagi mereka yang sakit. Beberapa manfaat yang diperoleh dari dukungan orang-orang terdekat bagi pasien adalah :
1. meningkatkan semangat hidup
2. Menekan resiko kematian akibat penyakit serius
3. Mempercepat kesembuhan
4. Menyalurkan energi kesembuhan

Motivasi dari orang-orang terdekat dapat mempengaruhi pikiran dan alam bawah sadar pasien. Dengan demikian, mereka mendorong untuk sembuh dan bertahan.

Rasa dicintai, dimengerti, dipahami dan dibutuhkan mempercepat proses penyembuhan. Mereka sadar, bila orang-orang terdekat menginginkan mereka sembuh dan mereka masih dibutuhkan oleh orang lain.

Pada dasarnya pasien dengan penyakit apapun memerlukan dukungan dan do’a yang tulus dari orang-orang terdekatnya. Mulai dari penyakit typus sampai hepatitis, gagal ginjal, stoke, darah tinggi dan lain-lain.

Tak hanya berpusar pada penyakit fisik saja, pasien dengan gangguan psikologis (kejiwaan) pun memerlukan support yang sama. Mulai dari pasien skizopenia samapi Glosophobia, Psikosomatri sampai anxiety Disorder (cemas berat).

Jangan anggap mereka berbahaya atau aneh. Dekatilah mereka, rangkul mereka dengan cinta kasih dan ketulusan. Dukung mereka selama masa pengobatan dan teruslah di sisi mereka.

Bagi yang masih diberi nikmat sehat, syukurilah. Ada banyak cara mensyukurinya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan dukungan pada orang-orang sakit atau kelainan jiwa.

Tidak semua orang seberuntung kita dalam mendapatkan nikmat dan karunia kesehatan. Jangan ragu mengulurkan tangan pada mereka yang sakit dan membutuhkan cinta kasih kita.

Berilah mereka kesempatan hidup yang sama, bangkitkan semangat hidup mereka.

Salam semakin sehat untuk kita semua, dari kami keluarga besar RS Betha Medika.

Tinggalkan Balasan

Check Also

Close