Pemerintah Kota Sukabumi

Wali Kota Sukabumi: Relawan SIBAT Hadir Lebih Awal Saat Bencana

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Pemerintah Kota Sukabumi melalui Palang Merah Indonesia (PMI) terus berupaya melakukan upaya sosialisasi mitigasi atau pencegahan terhadap bencana alam. Antara lain melatih penguatan Siaga Bencana Berbasus Masyarakat (SIBAT) dari perangkat Kelurahan, Sabtu (23/3/2019) di ruang Opp Room Setda Kota Sukabumi.

Dalam konteks kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana alam, Pemerintah Kota Sukabumi bersama PMI terus berupa dengan memberikan pemahaman, pelatihan, sosialisasi serta simulasi.

Hal itu agar masyarakat tahu, paham dan mengerti akan bencana dan bagaimana cara menaganinya.

Wali Kota Sukabumi H Achmad Fahmi membuka secara resmi kegiatan pelatihan SIBAT, dalam kesempatan itu pula dialuakn penyematan pemasangan rompi relawan.

Fahmi menuturkan, Relawan SIBAT harus hadir lebih awal jika terjadinya bencana. Karena tidak bisa dipungkiri Kota maupun Kabupaten Sukabumi termasuk kawasan rawan bencana.Dengan patahan sungai cimandiri yang menjadi fokus di wilayah Jawa Barat. Sering kali, wilayah Kota Sukabumi mengalami bencana diantara gempa bumi, dan longsor.

Selain itu relawan SIBAT tidak hanya fokus menjadi relawan kesiapsiagaan bencana alam, tetapi juga fokus yang berhubungan dengan lingkungan sekitar dan keluarga.

“Dalam pembanguna era transformasi antara digitalisasi proses percepatan informasi bencana tidak hanya berhubungan dengan alam, contohnya dalam konteks lingkungan banyak semakin generasi muda meningkat, tidak diimbangi pertumbuhan kesejahteraan ini bisa menjadi bencana,” ungkap Fahmi.

(hms/izo)

Tags

Tinggalkan Balasan