Politik Kota SukabumiSUKABUMI

1.061 PTPS di Lantik

POLITIK SUKABUMI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi memastikan seluruh perangkat pengawas TPS (PTPS) sudah lengkap. Hari ini (kemarin.red) Bawaslu melakukan pelantikan secara serentak yang dilakukan disetiap wilayah Panwascam.

“Kita lakukan pelantinkan serentak. Proses pelantikannya di 7 Kecamatan se Kota Sukabumi,” ujar Anggota Bawaslu Kota Sukabumi Muhammad Aminuddin, Senin (25/3) .

Untuk PTPS pada pemilu 2019 ini mengalami penambahan dibandingkan dengan Pilkada 2018 lalu. Sekarang ini jumlah PTPS yang dilantik itu ada sekitar 1.061 orang, sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Kota Sukabumi. “Hampir dua kali lipat dari Pilkada lalu, mereka akan bekerjaa mengawasi satu TPS satu pengawas,” jelasnya.

Dengan adanya penambahan ini tentunya kata Amin terdapat orang baru yang baru bekerja sebagai PTPS. Tentu saja, setelah dilantik ini PTPS tersebut langsung diberikan bimbingan teknis. Hal itu agar mereka mengetahui tugas dan teknis proses pengawasannya.

“Ini menjadi bagian dan kewajiban seluruh panwascam yang mempunyai domain untuk mencerdaskan dan memberikan pembekalan kepada seluruh SDM PTPS yang telah dilantik tersebut,” katanya.

Apalagi dalam proses pengawasan di tempat pemungutan suara, PTPS menjadi ujung tombak pengawas pemilu. Segala bentuk kegiatan atau proses pemungutan suara berada di PTPS. “Pengawasan menjadi bagian dan kelancaran kegiatan pemungutan suara. Makanya PTPS menjadi ujung tombak pengawasan,” paparnya.

Lebih Lanjut dirinya mengatakan, para pengawas TPS yang dilantik hari ini kata Amin merupakan orang-orang yang telah memenuhi syarat, baik dari segi pendidikan dan usia. “Mereka sudah memenuhi minimal berijazah SMA dan berusia minimal 25 tahun,” pungkasnya. (bal)

Tags

Tinggalkan Balasan