KOTA SUKABUMISUKABUMI

Dua Gedung Besar ‘Dianaktirikan’

KOTA SUKABUMI – Gedung Olahraga (GOR) Merdeka dan Gedung Kesenian rupanya terasingkan pada penganggaran tahun ini. Khususnya, dalam bantuan keuangan (bankeu) yang bersumber dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Padahal, ditahun ini Pemerintah Kota Sukabumi mendapatkan kurang lebih Rp 81 miliar dari Pemprov Jabar. Namun sayang, dari jumlah seluruh dana segar tersebut, tidak ada sedikitpun anggaran untuk penyempurnaan GOR Merdeka dan Gedung Kesenian.

Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi mengaku cukup kecewa dengan tidak adanya anggaran untuk penyempurnaan GOR Merdeka dan Gedung Kesenian pada Bankeu Pemprov Jabar tersebut.

Dirinya menilai, seharunya di tahun ini GOR Merdeka bisa difungsikan oleh masyarakat. “Sebenarnya kami berharap seperti itu, tapi ternyata tidak ada anggaran yang difokuskan untuk penyempurnaan GOR Merdeka dan Gedung Kesenian,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (18/3).

Padahal lanjut dia, sebelumnya DPRD Kota Sukabumi cukup optimis akan tersedianya anggaran penyempurnaan dua gedung tersebut pada tahun ini. Pasalnya, Gubernur Jawa Barat era Ahmad Heryawan pernah mengungkapkan kepada masyarakat Kota Sukabumi akan kembali menganggarkan dana untuk dua gedung yang bersumber dari Pemprov Jabar itu.

“Jujur, kami tidak mendorong awalnya anggaran penyempurnaan dua gedung itu, karena memang pak Aher (mantan Gubernur Jabar,red) sudah pernah menyampaikan kepada publik akan menganggarkan kembali sebesar sepuluh miliar untuk dua gedung itu,” ujarnya.

Kendati demikian, DPRD Kota Sukabumi telah meminta kepada Pemerintah Kota Sukabumi untuk memprioritaskan penyempurnaan GOR Merdeka pada anggaran perubahan tahun ini.

Sehinga, tidak terkesan mangkrak dimata masyarakat Kota Sukabumi. “Asumsi masyarakat mangkrak, padahal bukan karena kalau mangkrak itu anggarannya ada tapi pekerjaannya tidak rampung.

Sedangkan, ini pekerjaan selesai hanya saja tidak cukup sampai bisa difungsikan dengan baik oleh masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, karena anggaran tahun ini sudah ketuk palu, DPRD Kota Sukabumi juga tidak bisa intervensi anggaran murni yang telah disahkan tersebut.

Maka dari itu, anggaran penyempurnaan dua gedung tersebut kedepannya harus menjadi prioritas Pemrintah Kota Sukabumi. “Kami tidak bisa berbuat banyak kalau di anggaran murni tahun ini, karena memang sudah disahkan.

Tapi kami yakini akan terus kami kawal sampai gedung tersebut bisa digunakan masyarakat,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala DPUPRPKPP Kota Sukabumi, Asep Irawan mengungkapkan, saat ini pihaknya selaku pengelola teknis GOR Merdeka tersebut tengah menyusun perencanaan penyempurnaan pembangunan.

“Ya, kami sebagai pengelola teknis GOR itu ditahun ini sedang menyusun perencanaan penyempurnaan pembangunannya, untuk kemudian disampaikan kepada instansi terkait membahas persolan anggarannya,” tambahnya.

Asep juga mengharapkan, gedung olahraga andalan masyarakat Kota Sukabumi itu dapat segera difungsikan. Namun, untuk sumber anggaran penyempurnaan diserahkan kepada instansi terkait dan pimpinan daerah.

“Yang pasti kalau kami selaku pengelola teknis, jika anggarannya sudah ada pasti dilakukan, sehingga dapat segera digunakan oleh masyarakat Kota Sukabumi,” pungkasnya. (upi/t)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close