PENDIDIKAN

Universitas Nusa Putra Lestarikan Budaya

RADARSUKABUMI.com, SUKABUMI – Universitas Nusa Putra Sukabumi menggelar lomba tari daerah dan modern antar pelajar SMP, SMA dan umum se- Kota dan Kabupaten Sukabumi di Aula Kampus Nusa Putra Sukabumi, Jalan Raya Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Minggu (17/3).

Acara yang dihelat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lingkungan Seni Tari (LST) Universitas Nusa Putra ini sebagai upaya melestarikan budaya daerah, salah satunya tarian tradisional.

Ketua Pelaksana Acara Asti Mirdianti mengatakan, para peserta begitu antusias dalam lomba yang mengusung tema “Tarianmu Inspirasimu”. Sebanyak 40 peserta mulai dari tingkatan SMP, SMA dan masyarakat umum ikut dalam acara tersebut.

“Acara ini digelar untuk menyediakan wadah positif dalam rangka meningkatkan kreativitas yang dimiliki oleh para generasi muda di bidang seni tari, baik tari tradisional maupun modern,”ujar Asti kepada Radar Sukabumi.

Selama ini tarian daerah cukup banyak diminati masyarakat, terutama anak-anak muda Sukabumi.

Hanya saja penyelenggara lomba masih dirasa kurang, padahal dengan menyelenggarakan lomba tari -tarian tradisional bisa ikut membantu melestarikan dan juga memperkenalkan budaya kesenian tradisional Indonesia.

“Insya Allah mungkin ke depan lomba tari tradisional ini akan menjadi program rutin tahunan kita UKM LST Universitas Nusa Putra,” terang mahasiswi Teknil Sipil Semester VI ini.

Sementara itu, bersaing untuk memperebutkan sejumlah kejuaraan sesuai kategori masing-masing. Kategori yang ditetapkan yakni tari tradisional dan modern tunggal, tari tradisional dan modern grup dan juara the best dan juara the best make up.

Adapun para peserta yang menjadi juara diantaranya Juara Tunggal Tradisional Tingkat SMP, juara pertama SMPN 5 Kota Sukabumi, SMPN 2 Kota Sukabumi (Juara kedua) dan SMPN 3 Kota Sukabumi (Juara ketiga).

Sementara juara grup tradisional, juara pertama SMPN 1 Cikembar, juara kedua SMPN 1 Parungkuda dan juara ketiga SMPN 1 Sukabumi.
Sementara juara tunggal tradisional tingkat SMA diraih oleh SMAN 1 Palabuhanratu, juara dua SMAN 1 Jampangkulon dan juara ketiga SMK Mutiara Palabuhanratu.

Juara tunggal tradisional kategori umum juara pertama Nisfianti, juara kedua dari STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi dan juara ketiga, Resda Riksa Budaya
.
Juara grup tradisional umum, juara pertama Mask Art Company, juara dua STISIP Widyapuri Mandiri dan juara tiga Smawar. Sementara grup modern umum

juara pertama diraih oleh Warrior, juara
dia SWD dan juara
tiga Expluso. Juara terfavorit diraih SMPN 1 Sukabumi, juara terfavorit dua oleh SMP 5 Kota Sukabumi.

Juara best make up
tradisional SMAN 1Jampang Kulon, untuk kategori modern SWD.

Juara best costum
tradisional diraih SMA Mutiara Terpadu Palabuhanratu , kategori modern diraih oleh SWD.

“Semoga dengan diadakannya lomba ini budaya kesenian budaya Indonesia bisa terus dilestarikan oleh para generasi muda,” tandasnya.

(wdy)

Tags
loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close