KOTA SUKABUMI

Pemkot Bikin LPM Kecewa

Tidak Dilibatkan Dalam Musrenbang RKPD 2020

CIKOLE – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Sukabumi, merasa tidak diakui oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Pasalnya, dalam musyawarah rencana pembangunan daerah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020 tidak dilibatkan dalam penandatanganan.

Ketua LPM Kota Sukabumi, Carly Dahlan mengaku cukup kecewa tidak dilibatkannya LPM dalam penandatanganan Musrenbang RKPD jtersebut. Padahal, di tahun sebelumnya lembaga yang mewakili masyarakat Kota Sukabumi ini selalu ikut dilibatkan.

“Pada Musrenbang tahun sebelumnya, bahkan dari dulu lazimnya memang LPM sebagai perwakilan masyyarakat selalu dilibatkan. Entah, ada persoalan apa kami pun kurang tahu,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi, kemarin saat ditemui di kantor Sekretariat DPD LPM Kota Sukabumi, kemarin (15/3).

Menurut Carly, dalam idealnya dalam Musrenbang tersebut ditandatangani oleh sedikitnya empat usur. Mulai dari, birokrat, masyarakat, akademisi dan DPRD Kota Sukabumi. Posisi LPM sendiri, sebagai perwakilan dari masyarakat Kota Sukabumi.

“Lazimnya memang, LPM sebagai referesentasi masyarakat yang ikut terlibat dalam proses pembnagunan daerah harus dilibatkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Carly, pihaknya tetap bakal mendukung visi misi Pemerintah Daerah Kota Sukabumi berikut dengan programnya. Tapi, kami pun tidak akan meninggalkan salah satu fungsi LPM sebagai pengawas pemerintah yang mewakili masyarakat.

“Diakui atau tidak, kami tetap akan mendukung semua program kerja pemerintah tentunya. Tapi, kami pun tetap menjalankan fungsi kami sebagai mana mestinya,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Sukabumi, Rudi Djuansyah mengaku, tidak dilibatkannya LPM Kota Sukabumi dalam penendatanganan di Musrenbang RKPD 2020 tersebut karena kesalahan teknis dari kepanitiaan.

Pihaknya berjanji bakal memperbaiki hal itu, dan akan langsung berkoordinasi dengan LPM Kota Sukabumi. “Ya, itu kesalahan teknis, maklum saja. Kami akan perbaiki, karena kami selama ini berhubungan baik dengan LPM Kota Sukabumi,” singkatnya. (upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan