Sukabumi Mart Segera Lahir

RAKOR: Wakil Walikota Suakbumi, Andri Setiawan saat menggelar pertemuan dengan manajemen ritel Alfamart.

CIKOLE- Pemerintah Kota Sukabumi memiliki cara lain untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Yakni, dengan mendorong lahirnya Sukabumi Mart yang dikelola oleh koperasi dan sebagian besar kepemilikannya berada di masyarakat.

Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan menjelaskan, keberadaan S-Mart ini akan mendongkrak perekonomian warga di tingkat kelurahan maupun kecamatan. Di mana, manajemennya akan mendapatkan pendampingan dari tim Sukabumi Kelurahan Entrepreunership (Kece).

Bacaan Lainnya

“Kami berupaya mendongkrak perekonomian masyarakat melalui koperasi dengan mendirikan Suakbumi Mart,” ungkap Andri usai menggelar pertemuan dengan manajemen ritel Alfamart, belum lama ini.

Keberadaan Sukabumi Mart diharapkan bisa bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Nantinya S-Mart ini akan membina warung mart yang ada di sekitarnya.

Misalnya, dalam hal pengemasan produk dan kestabilan harga barang yang ditawarkan. “Masyarakat memiliki kepemilikan ritel lewat koperasi sebesar 70 persen. Sementara sisanya sekitar 30 persen merupakan pemodal atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD),” sebut Andri.

Untuk tahap awal, lanjut Andri, pemerintah bakal meluncurkan satu unit S-Mart di wikalah Kecamatan Citamiang sebagai percontohan. Selanjutnya selepas momen Pilpres 2019 akan ditambah menjadi 10 unit S-Mart di sejumlah kelurahan lainnya.

“Kami bakal juga menggandeng pelaku usaha ritel besar seperti Alfamart untuk berkolaborasi. Misalnya dalam hal belajar pengelolaan ritel dan perbandinga harga supaya stabil,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *