Pendidikan featuring Teknologi ?

Anis Rismayanti

Oleh: Anis Rismayanti – Mahasiswa UMMI Sukabumi

Arti kata pendidikan dalam bahasa Inggris adalah education. Asal muasalnya dari bahasa latin, educatum, yang terdiri dari dua kata yaitu E dan Duco. Arti kata E adalah perkembangan dari luar atau dari sedikit menjadi banyak, sementara Duco berarti perkembangan atau sedang berkembang. Hakikat pendidikan adalah mengantarkan manusia kepada fitrahnya.

Bacaan Lainnya

Pendidikan secara etimolog adalah pendidikan yaitu menjadi berkembang atau bergerak dari dalam ke luar. Atau dengan kalimat lain, pendidikan berarti proses mengembangkan kemampuan diri sendiri (inner abilities) dan kekuatan individu. Kata Education sering juga dihubungkan dengan ‘Educere‘ (Latin) yang berarti dorongan (propulsion) dari dalam ke luar.

Artinya untuk memberikan pendidikan melalui perubahan yang diusahakan melalui latihan ataupun praktik. Oleh karena itu definisi pendidikan mengarahkan untuk suatu perubahan terhadap seseorang untuk menjadi lebih baik.

Ki Hajar Dewantara mengemukakan bahwa, pendidikan adalah tuntunan tumbuh dan berkembangnya anak. Artinya, pendidikan merupakan upaya untuk menuntun kekuatan kodrat pada diri setiap anak agar mereka mampu tumbuh dan berkembang sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat yang bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan dalam hidup mereka.

Menurut Ensiklopedi Pendidikan Indonesia, pendidikan adalah proses membimbing manusia atau anak dari kegelapan, ketidak tahuan, kebodohan dan kecerdasan pengetahuan.

Martinus Jan Langeveld berpendapat, pendidikan adalah upaya untuk membantu peserta didik agar mereka mampu mengerjakan tugas kehidupan secara mandiri dan bertanggung jawab secara oral dan susila. Dalam hal ini, pendidikan juga diartikan sebagai upaya untuk membangun anak agar lebih dewasa.

Sedangkan Carter. V.Good menyatakan, pendidikan adalah sebuah upaya untuk mengembangkan kecakapan individu, baik secara sikap maupun prilaku dalam bermasyarakat. Dengan kata lain, pendidikan adalah proses sosial di mana lingkungan yang teroganisir seperti sekolah dan rumah, mampu mempengaruhi seseorang untuk mengembangkan kecakapan sikap dan prilaku dalam diri sendiri dan bermasyarakat.

TEKNOLOGI

Pengertian Teknologi Informasi menurut para ahli secara umum adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *