Volume Sampah Capai 171,2 Ton Per Hari

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, tengah mengunjungi TPA sampah Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, kemarin (6/3).

KOTA SUKABUMI — Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengungkapkan produksi sampah di Kota Sukabumi per harinya mencapai 171, 2 ton. Kondisi itu membuat dirinya prihatin, karena kapasitas lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Cindul kian sempit.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, saat ini lahan yang sudah terpakai di TPA Cikundul 10, 7 Ha dan hanya menyisakan 1, 2 Ha lahan. Tentunya, dengan jumlah lahan tersebut diperkirakan hanya mampu menampung untuk beberapa tahun lagi sehingga harus ada antisipasi secepatnya.

Bacaan Lainnya

“Untuk mengurangi volume sampah ini, kami meminta warga untuk bisa mengolah sampah menjadi barang yang berharga, sehingga selain mendapatkan keuntungan materi juga membantu petugas dalam pengiriman sampah ke TPA menjadi berkurang setiap harinya, “ujar Fahmi disela-sela peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kota Sukabumi 2019 di TPA Cikundul, Kecamatan Lembursitu, belum lama ini.

“Sudah saatnya kita membudidayakan Ecobrick, jika itu dilakukan maka warga pun akan kreatif, sebab hasilnya bisa dijadikan meja, kursi bahkan menggantikan batu bata untuk bangunan,” lanjutnya.

Telebih lagi dengan semakin tingginya kepadatan penduduk membuat produksi sampah semakin meningkat.

Rencananya pada tahun ini akan diperluas lahan TPA dengan anggaran Rp16 miliar.

Oleh sebab itu kata Fahmi, Pemerintah Kota Sukabumi berharap masyarakat bisa mengelola sampah dengan sebaik-baiknya untuk meminimalisir jumlah sampah.

“Pengelolaan sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan menjadi tanggung jawab bersama,” ujar Fahmi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *