Siapa Jadi “Bos” PNS Kota Sukabumi

KOTA SUKABUMI – Empat calon sekretaris daerah Kota Sukabumi telah resmi dinyatakan lolos seleksi administrasi dalam seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. Ke empat calon ini, merupakan pejabat eselon II terbaik yang dimiliki Kota Sukabumi.

Sekretaris Sekretariat Tim Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kota Sukabumi, Taufik Bidayah menjelaskan, hasil evaluasi dan penilaian berkas pendaftaran calon sekretaris daerah, ke empat pendaftar dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Bacaan Lainnya

“Ke empat pendaftar lolos seleksi administrasi, kami pun sudah umumkan. Secara langsung, ke empat calon yang lolos ini dapat mengikuti tahapan selanjutnya,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, Rabu (6/3).

Tahapan berikutnya, lanjut Taufik, yakni seleksi kompetensi dan penulisan makalah yang akan dilaksanakan di Bandung pada 11 sampai 12 Maret mendatang. Seleksi lanjutan itu, dilakukan oleh asesmen center BPIP Unpad di Bandung dan panitia seleksi yang terdiri dari Kepala BKD Provinsi, Akademisi hingga guru besar.

“Ya, selanjutnya dilakukan oleh panitia seleksi. Untuk penentuan kapan JPT Pratama itu terisi, tergantung kepala daerah dan Komisi Aparatur Sipil Negera,” tutupnya.

Sementara itu, Akademisi sekaligus pengamat kebijakan publik, Sakti Alamsyah menambahkan, dirinya mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Sukabumi yang telah terbuka menyelenggarakan seleksi JPT pratama tersebut.

“Pertama saya apresiasi kepada pimpinan daerah yang telah terbuka, sehingga masyarakat pun tahu. Selain itu, saya juga mengapresiasi itikad baik dalam pengangkatan dan penetapan para pejabat ini,” ungkapnya.

Para calon yang mendaftar, dirinya menilai, secara keseluruhan merupakan figur dan sosok pejabat yang terbaik di Kota Sukabumi. Khusus untuk jabatan sekretaris daerah, dirinya menilai harus adanya sosok yang bisa menjembatani, memfasilitasi anatara pimpinan daerah dan birokrat.

“Pimpinan daerah ini adalah jabatan politis dan langsung dipilih oleh masyarakat, maka dari itu sosok sekda ini harus yang bisa menjembatani, memfasilitasi antara pimpinan daerah dan ASN serta mendukung visi misi Pemerintah Kota Sukabumi,” tuturnya.

Sakti juga melihat, pimpinana daerah Walikota dan Wakil Walikota merupakan sosok yang bijaksana, berkopetensi dan memiliki kehati-hatian yang baik, terutama dalam menentukan posisi jabatan tinggi.

“Bisanya, setelah semua tahapan seleksi dilakukan, nantinya ada tiga terbaik yang akan direkomendasikan ke Walikota. Nah, saya meyakini pimpinan daerah ini bijak, beremampuan dan memiliki kehati-hatian sehingga bisa menghasilkan pejabat tinggi terbaik,” pungkasnya. (upi/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *