Pemkab Sukabumi

Selaraskan Program, Pemda Bentuk Forum RKPD

KABUPATEN SUKABUMI — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi membentuk Forum Gabungan Perangkat Daerah Penyusunan RKPD. Tujuannya yakni menyelaraskan dan mensinkronkan rancangan awal program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah untuk penyempurnaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 mendatang.

Kepala Bidang Penelitian dan Evaluasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sukabumi, Sri Hastuti Harahap mengatakan, pembukaan forum gabungan itu diikuti oleh kepala perangkat daerah, para camat serta perwakilan masyarakat melalui delegasi kecamatan.

“Forum gabungan ini untuk mendiskusikan program prioritas hasil usulan Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) kecamatan tahun 2019 ke dalam rancangan Kerja (Renja) tahun 2020 dari setiap perangkat daerah,” kata Sri Hastuti, belum lama ini.

Ia berharap, dengan terbentuknya forum gabungan ini mampu mendapatkan kesepakatan bersama untuk menginplementasikan semua program daerah. “Dengan adanya forum ini tentunya akan memberikan solusi dalam mengimplementasikan program pemerintah agar bisa lebih baik dan tepat sesaran,” ulasnya.

Di tempat sama, Sekda Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri menjelaskan, output dari forum gabungan ini yakni harus bisa menjawab permasalahan secara efektif.

“Forum gabungan perangkat daerah merupakan forum strategis dalam menentukan prioritas pembangunan sektoral terutama bagi perangkat daerah yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik.

Output dari forum gabungan perangkat daerah ini diharapkan mampu menjawab permasalahan secara efektif karena berbasis partisipasi dan berorientasi pada pencapaian target pembangunan, program prioritas serta isu strategis daerah,” jelasnya.

Target sasaran pada 2020, sambung Iyos, Pemkab Sukabumi akan fokus pada pembangunan ekonomi berbasis kawasan sesuai RPJMD tahun 2016-2021. Menurutnya, sektor unggulan yang akan menjadi lokomotif pembangunan ekonomi berbasis kawasan ini salah satunya sektor pariwisata.

“Sektor ini dipilih mengingat begitu besarnya potensi pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Sehingga peluang tersebut diambil untuk meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Iyos meminta, seluruh pembangunan disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat, rasional, tepat sasaran, efisien dan berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat. “Mudah-mudahan semua program dapat direalisasikan sesuai dengan harapan,” harapnya. (Bam)

Tags

Tinggalkan Balasan