KABUPATEN SUKABUMI

Sekarwangi Uji Coba Tangga Berjalan

CIBADAK — Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi melakukan pembuktian pada tangga alumunium yang geger karena bergerak sendiri. Dengan disaksikan beberapa pegawai, tangga yang sama kembali disimpan di sebuah lorong rumah sakit. Tangga pun kembali bergerak, persis seperti dalam video yang sempat viral di dunia maya dan aplikasi android lainnya.

Humas RSUD Sekarwangi Ramdansyah mengatakan, pihaknya sengaja melakukan pengujian dengan meletakan kembali tangga di tempat yang sama. Alhasil, tangga itu pun kembali bergerak sendiri.

“Ya, kita ingin buktikan bahwa kejadian itu tidak ada kaitanya dengan hal mistis. Murni karena ada pengarus dari gaya gravitasi,” kata Humas RSUD Sekarwangi Ramdansyah.

Menurutnya, pergerakan tangga itu terjadi karena posisi permukaan lantai miring. Tangga terus bergerak turun hingga ke permukaan yang rata. “Memang terbukti, adanya pergerakan karena medannya miring. Makanya, ketika tangga didorong sedikit saja, maka tangga bergerak turun seperti berjalan,” tambahnya.

Karena itu, Ramdan pun meminta masyarakat supaya tidak mengkaitkan kejadian dalam video viral tersebut dengan hal yang berbau mistis. Sebab kejadianya bisa dijelaskan dengan logika.

Hal itu terjadi karena posisi kaki tangga tidak sejajar dan tangga itu ringan, kemudian selanjutnya dipengaruhi gaya gravitasi bumi. “Dan itu dapat diterima secara ilmiah, bukan mistis. Apalagi kejadiannya itu pada siang hari,” jelasnya.

Tangga Berjalan Sendiri, RSUD Sekarwangi Penuh Mistis?

Seperti yang diberitakan sebelumnya, video yang menghebohkan itu sengaja direkam oleh keluarga pasien karena merasa heran dengan tangga alumunium di depannya yang bergerak sendiri. Tangga tersebut terlihat seperti berjalan padahal tidak ada orang ataupun benda yang menggerakannya.

“Mungkin karena masyarakat kita senang dengan berita yang berbau mistis jadi dibesar-besarkan, padahal kejadian ini dapat ditelaah secara ilmiah. Dan terbukti, video yang kami buat membuktikan bahwa itu kejadian logis,” pungkasnya.

Sebelumnya, suasana Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi sempat dikait-kaitkan dengan dunia mistik. Ini setelah viral sebuah video di media sosial yang merekam tangga lipat alumunium bergerak sendiri pada siang hari. Pihak rumah sakit pun langsung membantah dan menegaskan gerakan itu bagian dari gerakan gravitasi.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, video yang menghebohkan itu diduga kuat sengaja direkam oleh keluarga pasien karena merasa heran dengan tangga alumunium di depannya bergerak sendiri. Gerakan ini tidak hanya sebatas bergoyang saja, melainkan tangga terlihat seperti berjalan padahal tidak ada orang ataupun benda yang menggerakannya.

Salah seorang warga Kecamatan Cibadak, Elis mengaku penasaran dengan video yang beredar di Medsos tersebut. Karena memang pada saat kejadian, tidak ada orang di sekitar tangga yang bergerak itu. “Aneh memang sekilas terlihat seperti berjalan. Serem juga lihatnya, apalagi kejadiannya siang hari,” kata Elis. (Bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *