KESEHATANRS Betha Medika

Kenali Ciri Cara Mencegah dan Perawatan Ulkus Dekubitus

RADARSUKABUMI.com, – Luka dekubitus juga dikenal dengan istilah luka tekan (pressure ulcer / bedsores). Luka dekubitus adalah luka terbuka pada permukaan kulit yang sering muncul pada orang yang mengalami hambatan dalam pergerakan atau (mobilitas fisik) terutama dijumpai pada lansia, penyandang disabilitas atau pada orang yang terlalu lama terbaring di tempat tidur dan kondisi lain yang mempengaruhi aliran darah, seperti diabetes tipe 2 yang mana dapat meningkatkan risiko terbentuknya luka (ulkus decubitus).

Tingkat keparahan ulkus decubitus dapat bervariasi ,mulai dari lebam, kemerahan pada kulit, hingga luka terbuka pada kulit yang dapat memperlihatkan otot bahkan tulang.

Dekubitus muncul dimana pada saat kulit menerima tekanan kuat dalam waktu singkat atau tekanan ringan namun dalam waktu yang cukup lama. Penekanan yang demikian pada kulit akan menyebabkan gangguan aliran darah sehingga daerah tersebut mengalami kekurangan oksigen dan makanan.

Kurangnya pasokan oksigen dan makanan menyebabkan jaringan menjadi rusak dan membentuk luka (ulkus). gangguan aliran darah pada kulit dalam jangka waktu lama, juga menyebabkan tidak adanya sel darah putih yang diperlukan untuk memerangi infeksi. Ketika ulkus sudah terbentuk pada kulit, bakteri dapat menginfeksi dan merusak jaringan kulit.

Berikut beberapa gejala ulkus decubitus yang sering kali terjadi pada bagian tubuh yang tidak memiliki jaringan lemak yang tebal serta sering mengalami kontak dengan tempat tidur atau kursi roda.

1.  Bahu dan belikat
2.  Siku
3.  Belakang kepala atau sisi kepala
4.  Belakang lutut, tumit, dan pergelangan kaki
5.  Sekitar tulang belakang
6.  Sekitar tulang ekor
7.  Bokong

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *