Kecamatan Citamiang

Prioritaskan Program Pengembangan UMKM

Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang

Secara garis besar Kelurahan Cikondang berpotensi pada pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan  Menengah (UMKM). Lurah Asep Rismawanto sendiri memiliki jadwal khusus berkunjung mengelilingi  para penggiat UMKM di Kelurahan Cikondang sebagai agenda wajib sembari tukar informasi mengenai perkembangan produk UMKM serta menampung aspirasi warganya.

Laporan Hiti Robiah

Kelurahan Cikondang ini memiliki luas wilayah 64,63 Ha. Dengan pembagian wilayah Pemerintah  Kelurahan Cikondang nya sebanyak sembilan RW dan 41 RT. Kelurahan Cikondang yang dipimpin Lurah  Asep Rismawanto merupakan kelurahan yang memiliki potensi pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan  Menengah (UMKM).

“Banyak warga kami yang menjadi penggiat UMKM, bahkan keripik setan menjadi ikon Kelurahan  Cikondang,” beber Asep bangga.

Selain itu, Asep memaparkan produk yang dihasilkan tidak hanya makanan ringan, melainkan temuan alat pembuat bolu eletrik yang dibuat warga RW 07. Asep menyebutkan produk makanan yang dihasilkan UMKM di Kelurahan Cikondang seperti kue  basah, keripik, kerupuk, yogurt, dan masih banyak yang lain.

“Selain makanan dan alat pembuat bolu elektrik itu, kami bangga memiliki warga yang  membuat alat memanah di RW 08. Terakhir info saya tahu bahwa produknya sudah dipesan Negara  Belgia,” aku Asep.

Sementara itu, Asep terus mencari cara untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki  warganya dalam meningkatkan UMKM Kelurahan Cikondang. Karena itu, Asep menginformasikan kepada  Radar Sukabumi pihaknya berusaha bekerjasama dengan pemerintah daerah dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengelola Taman Cikondang sebaik mungkin.

” Taman Cikondang itu berada di bawah Pemerintah Provinsi Jabar, ke depan saya berharap bisa menggerakan UMKM di Kelurahan Cikondang untuk menjadi pusat kuliner dan menggerakan  kembali Taman Cikondang agar ramai pengunjung,” tuturnya optimis dan berharap. (cr5/d)

Gendang Hiber Siap Launching di 2019

Lurah Cikondang, Asep Rismawanto

Lurah Cikondang, Asep Rismawanto, mengaku baru menjabat selama empat bulan di Kelurahan Cikondang. Akan tetapi banyak hal yang sudah disiapkan. Salah satunya inovasi Gerakan Cikondang Hijau dan Bersih (Gendang Hiber).

“Suatu kegiatan penghijauan di setiap RW, kami akan kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta telah disetujui oleh Pak Wali Kota langsung saat saya ngobrol dan Insya Allah pemerintah akan bantu pendanaannya,” tutur Asep.

Namun, sebelum Gendang Hijau diluncurkan di area RW 08 sudah digerakan sendiri warganya. “Manfaatnya untuk penghijauan dan mengurangi polusi udara. Sementara ini sudah dilakukan warga RW 08. Kemungkinan setelah pemilu kita akan launching serempak di seluruh RW di Kelurahan Cikondang,” pungkas Asep. (cr5/s)

Tags

Tinggalkan Balasan