Pemkab Sukabumi

Bupati: Implementasikan Dasa Darma

KABUPATEN SUKABUMI – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengintruksi kepada seluruh camat agar mengimplementasikan dasa darma Pramuka. Ia meyakini, 10 bakti organisasi ini akan mampu menciptakan suasana kondusif dan meningkatkan kinerja yang baik saat menjalankan tugas dan tanggung jawab selaku abdi negara.

“Camat harus bisa mengimplementasikan dasa darma Pramuka ini. Saya yakin, bila ini diterapkan kinerja kita akan meningkat,” ujar Marwan Hamami saat membuka kegiatan Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Ranting se-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi, akhir pekan kemarin.

Menurut Marwan, bila dasa darma diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, ia yakin akan terbentuk sebuah karakter anak bangsa yang sangat luar biasa.

Camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) harus bisa mencontohkan supaya dasa darma ini direalisasikan dalam kegiatan sehari-hari.

“Pembinaan karakter itu tidak bisa dilakukan secara otoriter, melainkan harus dikemas menjadi metode pendidikan yang menghasilkan karakter yang multi talent. Dalam dasa darma itu diajarkan,” jelasnya.

Supaya bisa mengimplementasikan itu, lanjut Marwan, maka semua tahapan dalam Pramuka harus diikuti. Ia mengaku, gerakan Pramuka ini merupakan gerakan sukarela, namun bagi pembimbing sifatnya wajib.

“Kita ini punya kewajiban melekat yang tidak bisa dipisahkan dari konsekwensi sebuah jabatan, Kaka yang belum memiliki jabatan camat harus memiliki pendidikan dasar sehingga wajib mengikuti orientasi,” terangnya.

Dengan kursus yang digelar ini, Marwan berharap semua camat nantinya bisa faham dan mengimplementasikan dasa darma Pramuka di wilayah kerja masing-masing.

“Jika camat faham, dasa darma ke-10 itu akan mampu melahirkan kepedulian terhadap lingkungan. Sehingga dengan mengoptimalkan potensi daerah dan bisa menjawab tantangan globalisasi. Ikuti pelatihan ini dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka, Mochammad Solihin menambahkan, penyelenggaraan Kursus Orientasi Singkat Majelis Pembimbing (KOS-MABI) Kwartir Cabang Kabupaten Sukabumi diselenggarakan dalam rangka menggugah semangat para pejabat, para pimpinan tinggi dan pimpinan perangkat daerah selaku anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan para camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) untuk memberikan dukungan secara penuh dan berkomitmen terhadap kegiatan dan kemajuan kepramukaan di Kwarcab Kabupaten Sukabumi.

“Pramuka ini adalah organisasi besar, mulai dari tingkat nasional sampai tingkat desa ada. Sehingga gugus depan kedepan kami berharap adanya sebuah desa yang jadi model, polanya kita akan coba buat.

Nantinya bisa menjadi panduan supaya Mabiran bisa menjalankan fungsi sebagai pembimbing, bantuan dan partisipasi,” singkatnya. (den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan