2019 Realiasikan Agrowisata Desa Nyalindung

Antono, S.IP. Camat Nyalindung

Sebanyak sekitar 10 Ha lahan di Desa Nyalindung dirancang untuk merealisasikan agrowisata Desa Nyalindung 2019. Rencananya, akan dibantu juga dari dana P3K dan PIK untuk mewujudkannya

Laporan Didiet Rahma Aditya

Bacaan Lainnya

Potensi wisata alam di Desa Nyalindung menjadi pusat perhatian Pemerintah Kecamatan Nyalindung. Karena itu berdasarkan informasi yang disampaikan Sekmat Nyalindung, Ana Rudian Nugraha, SH yang mewakili Camat Nyalindung, Antono, S.IP sebanyak sekitar 10 Ha lahan kebun desa di Desa Nyalindung telah dirancang dan dibidik untuk mewujudkan wisata lokal.

“Pada 2019 melalui bantuan dari program PIK dan P3K, di Desa Nyalindung akan dibangun Agrowisata Desa Nyalindung, “katanya.

Ia menambahkan akan ada beberapa fasilitas yang nantinya untuk mewujudkan lokasi Agrowisata Desa Nyalindung. “Yang akan dibangun pertama, gedung promosi in door yang memiliki luas sekitar 15m x 15 m,”bebernya.

Tak hanya gedung promosi in door, menurut Ana pada Agrowisata Desa Nyalindung juga akan diwujudkan lapangan siap pakai. “Luas lapangan tersebut sekitar 18 m x 25 m,”katanya.

Wisatawan terutama domestik juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang kelak akan dibangun. Yakni, imbunya, ada Sarana Air Bersih (SAB), kolam ikan, ada juga Ruang Terbuka Hijau.

“Dibangunnya gazeebo,”katanya sebagaimana diketahui gazebo merupakan tempat duduk-duduk para pengunjung/wisatawan. Tak hanya fasilitas fisik, sementara ia menjelaskan lagi bahwa untuk wisata agronya akan ada kebun-kebun jeruk yang dapat dipetik dan siap dinikmati pengunjung.

“Direncanakan juga ada agro untuk buah naga,”katanya. Tambahan satu lagi untuk agronya, yakni menurutnya, akan dibangun untuk peternakan untuk lebah hutan. “Rencananya mulai dibangun April,”katanya.

Dengan terwujudnya Agrowisata di Desa Nyalindung dan berkembang, masyarakat Kecamatan Nyalindung, imbuhnya menaruh harapan dapat meningkat juga dari sisi perekonomiannya. (*)

Miliki Lima Potensi Wisata Lokal

Kecamatan Nyalindung dipimping Antono, S.IP. Kecamatan yang berbatasan dengan Kecamatan Baros Kota Sukabumi ini memiliki 10 desa. Apa saja kesepuluh desa tersebut? Yakni, Desa Nyalindung, Kertaangsana, Cisitu, Mekarsari, Neglasari, Cijangkar, Wangunreja, Bojongkalong, Bojongsari, dan Sukamaju.

Kecamatan Nyalindung memiliki banyak potensi di sektor parwisata lokal, sebagian besar alami. Apa saja potensi wisata lokal tersebut? Antara lain berdasarkan informasi pihak Kecamatan Nyalindung, ada Talaga Warna di Desa Nyalindung, Perkebunan Teh di Desa Nyalindung dan Cisitu, Situ Rancabali di Desa Kertangsana, Curug Bibijilan dan Gua Siluman yang juga di Desa Kertaangsana. Lalu ada PPSC di Desa Cisitu.

Selain potensi wisata lokal, Kecamatan Nyalidung juga memiliki potensi di sektor komoditi pertanian, antara lain ada gula aren, gula kelapa, juga berpotensi pengembangan UKM, seperti ada madu hutan, makanan ringan dari ikan di Desa Wangunreja, dan lain sebagainya. (dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *