Kecamatan Cibeureum

Program Kredit Mesra Dinantikan Warga

Kelurahan Sindangpalay, Kecamatan Cibeureum

Peran serta pemerintah dalam menanggulangi pinjaman untuk permodalan warga di Kelurahan Sindangpalay sangat dinantikan. Program Kredit Masjid Sejahtera  (Mesra) yang digelorakan Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi beberapa waktu lalu, memberikan angin segar bagi warga Kelurahan Sindangpalay, hal  ini diakui Lurah Sindangpalay, Oman.

Laporan Hiti Robiah

Kelurahan Sindangpalay memiliki luas 164,99 Ha. Dengan pembagian wilayah Pemerintah Kelurahan Sindangpalaynya sebanyak 21 RW dan 67 RT.

Lurah Sindangpalay, Oman, menyampaikan Kelurahan Sindangpalay merupakan kelurahan yang memiliki potensi pengembangan sentra indutri rumahan atau home  industri. Akan tetapi kendala yang dihadapi warga adalah banyaknya pinjaman yang ditawarkan pihak swasta dengan bunga yang sangat tinggi.

Maka dari itu, Oman beserta jajaran pegawai Kelurahan Sindangpalay cepat tanggap dalam menyoalisasikan program Kredit Masjid Sejahtera (Mesra).

Pihaknya mendapat penjelasan dari Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, saat mengikuti gerakan Subuh Berjamaah di Masjid Agung beberapa waktu lalu.

“Program kredit Mesra ini menjadi alternatif untuk membantu warga keluar dari zona bank harian atau biasa disebut Bank Emok kalau kata warga kami  khususnya ibu-ibu. Sebab, pinjaman tersebut bunganya besar dibanding kredit Mesra ini yang tidak berbunga,” imbuhnya.

Berhubung program kredit Mesra tersebut bekerjasama dengan Bank BJB maka jauh-jauh hari sebelumnya pihaknya mendatangi Bank BJB untuk menggali  informasi sebanyak-banyaknya tentang program tersebut.

“Informasi yang dihimpun jumlah anggota berkisar dari 6-10 orang, serta usaha yang dimiliki warga harus nyata dan memiliki surat keterangan usaha  (SKU) dari Kelurahan Sindangpalay,” jelasnya.

Menurut Oman, pihak dari Bank BJB siap mendatangi warga yang ingin mendapat penjelasan lebih jelas jika diperlukan pihak Kelurahan  Sindangpalay.

Sementara itu, Oman juga perlu meyakinkan para ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di masing-masing masjid di setiap RW. Akan tetapi kendala yang  dihadapi yaitu beberapa pihak DKM masih ketakutan kena dampak dari pinjaman tersebut.

“Masih ada beberapa yang takut kena dampak menalangi angsuran, padahal tidak seperti itu karena setelah mendapatkan informasi pihak DMK tidak boleh menjadi anggota kredit Mesra, melainkan yang membantu  merekomendasikan dan menyalurkan pinjaman saja,” tandasnya. (cr5/d)

Gerakan Sholat Berjamaah Tingkatkan Keimanan Warga

Oman Lurah Sindangpalay

Lurah Sindangpalay, Oman, menyampaikan setiap program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi bagus. Menurutnya upaya membangun  Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera (Renyah) sangat mungkin terwujud karena dasar pertamanya adalah Religius.

“Program sholat berjamaah baik Subuh ataupun Sholat Jumat berjamaah menurut saya sangat baik. Sebab, dimulai dengan meningkatkan sisi religius dari warga  Sukabumi pasti menciptakan keimanan yang kuat.

Sholat Jum’at kami berkeliling ke setiap masjid di Kelurahan Sindangpalay, begitu juga acara religi yang diadakan masyarakat yang perlu kita dukung sekaligus menyampaikan semua program pemkot kepada warga,” pungkasnya. (cr5/s)

Tags

Tinggalkan Balasan