KOTA SUKABUMI

Warga Sambut Septic Tank Komunal

CITAMIANG –Septic tank komunal yang berada di Kampung KB ‘Assalam’ RW 03 Kelurahan Nanggeleng Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi mendapatkan sambutan hangat dari warga sekitar.

Ya, dibangun yang berdiri di atas lahan hibah warga seluas 8 meter X 11 meter itu saat ini masih dalam pengerjaan. Ketua RT 05 RW 03, Ujang Dayat, warga mengaku senang dengan adanya septic tank komunal.

Menurut dia, fasilitas pembuangan tersebut membawa dampak positif, terutama membuat lingkungan di sekitarnya menjadi lebih sehat dan bersih. “Warga sangat senang dan merasakan banyak manfaatnya, mereka lebih sehat dan kini sungai menjadi bersih,” aku Ujang kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Ujang menambahkan, awal mula dibangunnya septic tank komunal ini dari dorongan pemerintah daerah melalui program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) atau Sanitasi Masyarakat (Sanimas) pada tahun 2018 lalu.

Merasa dipandang perlu, dirinya bersama warga tergerak membangun septic tank. Terlebih masih banyak warga yang tidak memiliki septic tank sehingga kotoran manusia dibuang langsung ke sungai sehingga membuat sungai kotor, berbau dan berwarna hitam.

“Awalnya ikut program Sanimas. Dan saya cukup dekat dengan fasilitator yang bernama Bapa Yudi, sehingga mencari tahu proses yang harus saya lalui seperti apa, sehingga bisa dibangun septic tank komunal di RW kami, “tutur Ujang.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *