POLITIK

54,7 Persen Pemilih Nonmuslim Pilih Dukung PDIP

JAKARTA— Pemilih minoritas dari kalangan nonmuslim di Indonesia mempunyai base sebanyak 15 persen berdasar survei LSI Denny JA.Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar menyatakan, angka 15 persen termasuk jumlah yang lumayan banyak untuk perebutan sumber dukungan partai politik. PDI Perjuangan berhasil meraih keunggulan di segmen pemilih minoritas. Menurut Rully, partai besutan Megawati Soekarnoputri, itu meraih 54,7 persen.

Di posisi kedua, Partai Golkar sebanyak 13,5 persen. Di posisi ketiga ada Partai Nasdem 3,5 persen, Partai Gerindra 2,9 persen, dan Partai Demokrat 2,4 persen. Rully menambahkan, di urutan selanjutnya ada Partai Perindo dengan 1,2 persen, PAN 1,2 persen, Partai Hanura 1,2 persen, PKB 1,2 persen. Partai peserta pemilu lainnya yang meraih di bawah 1 persen adalah Berkarya, Garuda, PSI, PBB, PKPI, PKS, PPP.

Hasil tracking survei per bulan LSI Denny JA selama Agustus 2018 hingga Januari 2019 memperlihatkan PDIP unggul telak sekali di kalangan pemilih minoritas. Lebih dari 50 persen minoritas memilih PDIP. Golkar juga melampaui Gerindra di pemilih minoritas. Nasdem jauh meninggalkan partai lama lainnya di luar partai lima besar. “Partai Perindo juga memimpin partai baru di segmen pemilih minoritas 1,2 persen,” ungkap Rully dalam rilis hasil survei terbaru LSI Denny JA, Rabu (20/2), di Jakarta.

Survei dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia 18 – 25 Januari 2019 menggunakan 1200 responden. Survei menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2,8 persen. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei.

 

(boy/jpnn)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close