DKP3 Tambah Lahan Penyangga LP2B

BERCOCOK TANAM: Sejumlah petani saat bercocotk tanam di persawahan wilayah Kota Sukabumi.
BERCOCOK TANAM: Sejumlah petani saat bercocotk tanam di persawahan wilayah Kota Sukabumi.

WARUDOYONG – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi menambah satu hektar Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan(LP2B) di wilayah Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi menjelaskan, rencana pengadaan satu hektar lahan di wilayah Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu merupakan lahan penyangga LP2B.

Bacaan Lainnya

“Ya, kami rencanakan tahun ini untuk pengadam lahan penyangga LP2B kurang lebih satu hektar di wilayah Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu,” jelasnya kepada Radar Sukabumi saat ditemui diruang kerjanya, belum lama ini.

Lahan penyangga itu, lanjutnya, berfungsi untuk memperkuat LP2B yang ada di Kota Sukabumi. Saat ini, luas LP2B yakni seluas 321 hektar. Tidak hanya itu, dalam setiap tahunnya lahan yang dijaga tersebut rencananya akan terus ditambah. “Rencananya setiap tahun kita akan tambah lahan penyangga LP2B ini, LP2B yang ada pun terus kita jaga dan pertahankan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pengadaan lahan penyangga LP2B tersbut juga merupakan bagian dari pengembangan kawasan wisata Cikundul. Kedepannya, di wilayah tersebut akan dijadikan kawasan agro wisata. “Dalam perencanaannya, Cikundul ini dipetakan menjadi kawasan wisata. Kami (DKP3), memiliki kewenangan pengelolaan kawasan tersebut seluas 4,5 hektar yang kan dijadikan agrowisata,” terangnya.

Selain pengadaan lahan penyangga, dikawasan tersebut juga dilakukan beberapa penambahan fasilitas serta sarana dan prasarana untuk melengkapi kawasan agro wisata tersbut. “Kami juga akan lengkapi dengan beberapa fasilitas lain, sepeti mushola, ruang terbuka serta sarana prasarana lainnya,” pungkasnya. (upi/d).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *