KABUPATEN SUKABUMI

Dewi Asmara Sosialisasikan Germas

PARUNGKUDA – Anggota Komisi IX DPR RI, Dewi Asmara melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Aula Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, kemarin (19/2). Sosialiasi yang berjargon ‘Komunikasi, Informasi dan Edukasi Keamanan dan Mutu Produk Alkes dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)’ ini dihadiri Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan dan warga Desa Langensari.

“Melalui Germas ini, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk membiasakan diri hidup sehat dan meningkatkan produktivitas masyarakat,” kata Dewi Asmara.

¬†Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat agar lebih pintar dalam memilih jenis makanan yang sehat, higienis dan terbebas dari bahan kimia. “Di sini peran pemerintah sangat penting dalam mensosialisasikan kepada masyarakat melalui program Germas, supaya bisa mewujudkan keamanan pangan,” ujarnya.

Menurut Dewi, salah satu bentuk pelaksanaan Germas adalah dengan tersedianya apotek alami di pekarangan rumah. Hal ini dapat terwujud jika masyarakat menghidupkan kembali gerakan ‘Pipir Diurus (Pirus)’. Seperti dengan melakukan penanaman obat tradisional di halaman atau belakang rumah. “Obat-obatan tradisional seperti kunyit ini dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik dengan cara dibakar, lalu diminum. Ya khasiatnya sangat bagus untuk daya tahan tubuh,” paparnya.

Menurut politisi partai berlambang beringin itu, Germas merupakan program pemerintah pusat yang bersifat preventif. Tujuannya mencegah masyarakat dari serangan berbagai macam penyakit. “Selain menjaga kebersihan lingkungan, saya juga mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya olah raga untuk menjaga kebugaran tubuh,” pungkasnya.

 

(Den)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close