KOTA SUKABUMI

Baznas Kota Sukabumi Raih WTP

CIKOLE – Laporan Keuangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi tahun 2018 meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari kantor akuntan publik. Pencapaian itu, diharapkan dapat makin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menunaikan zakat, infak dan sedekahnya kepada Baznas.

Ketua Baznas Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya mengungkapkan, sebagai lembaga pengelolaan dana ummat, pihaknya memprioritaskan akuntabilitas dan transparansi. Dengan begitu, dalam setiap tahunnya kepercayaan masyarakat dalam menunaikan zakat melalui Baznas terus meningkat.

“Alhamdulillah, laporan keuangan tahun 2018 kembali mendapat WTP dari kantor akuntan publik yang ditunjuk oleh Baznas Pusat dan provinsi. Tentunya, hal ini menjadi motivasi untuk terus menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap Baznas Kota Sukabumi,” jelasnya kepada Radar Sukabumi saat ditemui diruang kerjanya, kemarin (19/2).

Selain melibatkan audit dari akuntan publik, keuangan Baznas Kota Sukabumi juga diperiksa oleh Inspektorat Kota Suakbumi. Tidak hanya itu, setiap dana Zakat, Infaq dan Sedekah yang masuk juga tercatat pada pada sistem informasi badan amil zakat. “Mulai tahun ini, kami minta Inspektorat juga memeriksa keuangan Baznas Kota Suakbumi, dan alhasil seluruh laproma keuangan sudah sesuai dengan standar akuntansi,” sebutnya.

Predikat WTP, lanjut Fifi, merupakan kali kedua setelah sebelumnya 2017 lalu laporan keuangan Baznas Kota Sukabumi dinyatakan sesuai standar. Hal ini, menurutnya semata-semata agar lembaga yang ia pimpin ini dapat dipercaya oleh masyarakat.

“Berarti ini WTP kedua kalinya, setelah 2017 lalu juga mendapatkan. Sistem pelaporan pun kami buat berkala, mulai dari bulanan, semester hingga tahunan untuk membuktikan bahwa lembaga ini amanah dan dipercaya masyarakat,” ungkapnya.

Adapun seluruh dana ZIS yang terhimpun, sebut Fifi, didistribusikan dan didayagunakan kepada delapan asnaf penerima zakat serta lima program unggulan Baznas Kota Sukabumi. Mulai dari, Sukabumi sehat, cerdas, taqwa, sejahtera dan Sukabumi peduli.

“Saya mengajak kepada masyarakat Kota Sukabumi untuk menyalurkan ZIS melalui Baznas Kota Sukabumi, maka secara langsung semakin banyak warga yang membutuhkan terbantu,” pungkasnya. (upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *