Kecamatan Gunungpuyuh

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat lewat Inovasi Mesin Si Kalem

Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh

Untuk terciptanya kenyaman dan efisiensi waktu serta upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kelurahan Karang Tengah meluncurkan inovasi Si Kalem yang diciptakan Kecamatan Gunung Puyuh.

Laporan Hiti Robiah

Luas wilayah Kelurahan Karang Tengah mencapai 248,83 Ha dengan jumlah penduduk cukup padat. Kelurahan Karang Tengah memiliki 16 RW dan 75 RT.

Kelurahan Karang Tengah yang dipimpin Toni Slamet ini saat ini fokus mendukung Visi Misi Wali dan Wakil Wali Kota Sukabumi agar mencapai Sukabumi Renyah (Religius, Nyaman dan Sejahtera).

Toni mengatakan, Kelurahan Karang Tengah adalah wilayah kelurahan terluas di Kecamatan Gunung Puyuh. Berbagai sarana dan infrastruktur harus diperhatikan sedemikian rupa.

Pihaknya akan meningkatkan infrastruktur di seluruh RW dan RT. Baik itu memperbaiki jalan setapak, talud , Rutilahu dan lainnya. Menurutnya, dana kelurahan akan sangat membantu pembangunan infrastruktur.

“Kecamatan Karang Tengah merupakan kelurahan paling luas areanya di Kecamatan Gunung Puyuh maka kami fokuskan untuk penguatan infrastruktur agar tingkat kenyamanan di masyarakat meningkat,” tutur Toni kepada Radar Sukabumi.

Lalu, inovasi yang akan mendukung program pemerintah kota saat ini, pihak Kecamatan Gunung Puyuh mempersiapkan peluncuran mesin Si Kalem (Sistem Kotak Layanan Umum).

“Mesin Si Kalem kini sudah tersedia juga di kantor Kelurahan Karang Tengah, kami tinggal tunggu launching resmi dari Camat Gunung Puyuh. Mesin ini memudahkan warga dalam pembuatan surat keterangan yang dibutuhkan. Bentuknya seperti ATM, sistem kerjanya mudah dan cepat,” tandasnya.

Menurutnya, dengan mesin Si Kalem membantu masyarakat dengan cepat. Ia mengakui, jika saat ini masih banyak yang antre di kantor kelurahan menunggu surat keterangan yang diminta. Namun, dengan mesin Si Kalem masyarakat hanya menunggu sebentar setelah meng-klik sesuai yang diinginkan.

“Seperti di mesin ATM, warga tinggal klik sesuai formulir yang diminta, namun sebelumnya harus membawa surat keterangan dari RT dan RW yang ditunjukkan terlebih dahulu kepada kami jika ingin menggunakan Si Kalem untuk membuat surat pindah,” pungkasnya. (cr5/d)

Dana Kelurahan Bantu Tingkatkan Infrastruktur

Lurah Karang Tengah, Toni Slamet

Lurah Karang Tengah, Toni Slamet mengucap syukur Alhamdulillah segala program pemerintah berjalan dengan baik di kelurahan yang dipimpinnya. Menurutnya, adanya dana keluarahan sangat membantu pembangunan di setiap wilayah RW.

“Alhamdulillah kami sudah rembug warga sebelumnya, untuk dana kelurahan sebesar Rp 352 juta, sebanyak 72 persen untuk infrastruktur di wilayah. Sisanya yang 28 persen untuk kegiatan kemasyarakatan seperti Linmas, PKK, LPM, Karang Taruna dan kegiatan lainnya,” ucap syukurnya kepada Allah Subhana Wa Ta’ala. (cr5/s)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *