KOTA SUKABUMI

Dongkrak Pembangunan Melalui IPTEK

CIKOLE– Pemerintah Kota Sukabumi terus melakukan inovasi untuk mendongkrak pembangunan, daya saing hingga penyelanggaraan pemerintahan. Lantaran, dalam era komtemporer ini pembangunan perlu mengedepankan aspek pemanfaatan ilmu pengetahuan,teknologi dan inovasi.

Wakil Walikota Sukabumi, Andri Hamami menjelaskan, pada era saat ini, pemerintah daerah dipacu untuk terus berinovasi. Khususnya, pada peningkatan kinerja pemerintahan dan peningkatan daya saing.

“Kegiatan inovasi daerah bertujuan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan sasaran diarahkan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat dan peningkatan daya saing daerah,” jelasnya, kemarin (14/2).

Pemerintah daerah, lanjut Andri, memiliki tugas untuk membangun dan memperkuat system inovasi daerah sebagai landasan kinerja pembangunan berbasis inovasi.

Sistem Inovasi Daerah (SIDa) sendiri merupakan kerangka membangun sinergi antar pemerintah,swasta,perguruan tinggi dan segenap pemangku kepentingan terkait dalam pendayagunaan Iptek dan Inovasi dalam pembangunan daerah.

“Pemerintah Kota Sukabumi telah berkomitmen menjadi wilayah kota yang maju dan berbasis iptek secara sistematik yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan inovatif,” ujarnya.

Adapaun SIDa yang telah diterapkan dan dikembangkan di Kota Sukabumi difokuskan pada pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui invensi teknologi bidang pertanian,peternakan dan sektor industry yang berbasis masyarakat dalam meningkatkan nilai tambah suatu produk.

“Selain itu juga dibangun sebuah aplikasi berbasis android dengan memanfaatkan ICT untuk merespon keluhan, mendengarkan aspirasi, wadah komunikasi warga dengan pemerintah secara dua arah dengan tujuan menciptakan iklim daerah yang kondusif,” pungkasnya.

 

 

(upi)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *