Anak-Kandung-Santoso-Gabung-MIT

Anak-Kandung-Santoso-Gabung-MIT

Namun, masyarakat tetal diperbolehkan lewat dengan syarat tidak membawa perbekalan yang banyak. hanya dibolehkan perbekalan yang secukupnya.

”Apalagi, kami sudah menangkap kurir dari kelompok itu,” paparnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, ada seorang kurir yang tertangkap dalam penyekatan tersebut. Diketahui kurir ini membawa logistik berupa berbagai bahan pokok. ”Tentu agar kelompok ini bisa terus beraksi di hutan tersebut,” jelasnya.

Kurir tersebut bukan anggota dari MIT. Namun, masih tergolong simpatisan kelompok yang kerap kali melakukan aksi teror pemancungan. ”Kurir ini belum jadi anggota tapi membantu,” urainya.

Sementara Pengamat Terorisme Al Chaidar menuturkan bahwa bergabungnya anak Santoso dalam kelompok MIT menunjukkan bahwa deradikalisasi belum efektif di keluarga mantan teroris.

”Padahal, semua mengetahui yang paling rawan terpapar igeologi itu adalah keluarga,” ujarnya.

Karena itu, perlu penguatan aspek deradikalisasi di Poso. Sehingga, keluarga dari anggota MIT tidak mengikuti jejak yang sebelumnya. ”Ini menjadi peringatan untuk kita,” paparnya.

Karopenmas menambahkan bahwa petugas juga terus melakukan upaya mendekati keluarga. Tidak hanya untuk menghindari terpapar ideology radikal, juga agar bisa membujuk untuk menyerah. ”Kalau dari keluarga lebih efektif,” jelasnya.

 

(idr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *