Tidak Ada Monopoli soal Penjualan BBM

RADARSUKABUMI.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai tidak ada monopoli dalam penjualan bahan bakar minyak (BBM) di tanah air. Sebab, untuk SPBU sudah ada merek lain selain milik Pertamina. Misalnya, SPBU Shell dan AKR.

Namun, dia mengakui avtur masih dijual Pertamina. Sebab, jika ingin berjualan avtur, SPBU harus punya fasilitas tangki atau sejenisnya di bandara. ’’Harus investasi di bandara,’’ kata pria yang karib disapa JK itu, Selasa (12/2).

Bacaan Lainnya

JK mengakui bahwa harga avtur ikut memengaruhi harga tiket pesawat. Sebab, 35 persen biaya operasional penerbangan itu tersedot untuk avtur.

Dengan begitu, ada yang mengaitkan semakin mahalnya harga tiket pesawat saat ini dengan harga avtur yang hanya dijual Pertamina.

JK menjelaskan, masyarakat perlu mengetahui bahwa harga tiket pesawat di Indonesia sudah sangat murah jika dibandingkan dengan negara lainnya. ’’Apalagi jika ada promo,’’ kata JK.

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Ari Askhara mengatakan, harga avtur tidak secara langsung mengakibatkan harga tiket pesawat menjadi lebih mahal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *