RS Betha Medika

Ayo Cegah Penularan Penyakit DBD

RADARSUKABUMI.com, – Saat memasuki musim penghujan berkaitan dengan tingginya potensi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).Demam Berdarah atau demam dengue (disingkat DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

Hingga saat ini Indonesia telah menjadi daerah endemis DBD sejak tahun 1968 dengan insidensi yang semakin meningkat dan telah menyebar di 33 Provinsi. Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang memiliki angka kasus DBD yang paling tinggi di Indonesia.

Dengan tingginya angka kasus DBD di Indonesia, perlu adanya manajemen upaya untuk mencegah penularan DBD, salah satunya dengan cara mempraktikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk berperilaku menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

Progam ini tentunya sangat berperan penting untuk mencegah penyakit, tidak hanya DBD. Dan untuk mencapai target utama tersebut, memerlukan adanya partisipasi aktif dari masyarakat.

Penyakit DBD sering dikaitkan dengan kondisi lingkungan dan perilaku masyarakat, sebab penularan penyakit DBD dipengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu manusia (host), virus (agent) dan lingkungan (environment).

1 2 3 4Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan