KABUPATEN SUKABUMI

Warga Bersihkan Jalan Kabupaten

JAMPANGTENGAH – Puluhan warga Desa Tanjungsari melakukan aksi sosial. Kali ini, mereka membersihkan infrastuktur jalan milik pemerintah Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Kedusunan Rawaseel, Desa Tanjungsari, kemarin (11/2).

Pantauan Radar Sukabumi, jalan yang menghubungkan Desa Tanjungsari dengan Desa Bojongtipar, Kecamatan Jampangtengah ini kondisinya kian memprihatinkan. Terlebih lagi, drainase di sepanjang perlintasan tidak berfungsi secara maksimal. Sehingga ketika hujan deras, air meluap dan menutup badan jalan tersebut.

Tokoh pemuda Desa Tanjungsari, Ajat Sudrajat menjelaskan, bhakti sosial ini merupakan upaya untuk menggelorakan semangat gotong royong yang saat ini sudah mulai pudar.

“Kami sangat peduli terhadap situasi dan kondisi masyarakat yang mengeluhkan akses jalan. Apalagi pada musim hujan saat ini, badan jalan selalu berubah menjadi kubangan air dan tentunya dapat mengancam keselamatan pengguna jalan,” jelas Ajat kepada Radar Sukabumi, kemarin (11/2).

Menurut Ajat, jalan yang menghubungkan dua desa di Kecamatan Jampangtengah itu merupakan satu-satunya akses warga menuju jalan sentral publik. Seperti sekolah, pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), pasar dan area publik lainnya. “Untuk itu, kami selain melakukan bersih-bersih juga memperbaiki jalan yang berlubang dengan cara menutupinya menggunakan batu,” imbuhnya.

Ia berharap, dengan terselenggaranya bhakti sosial ini dapat mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi warga serta meningkatkan semangat gotong royong. “Kami akan terus menggelorakan gotong royong. Sebab, dengan gotong royong semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah.

Apabila kita hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja, pasti akan terkandala biaya dan membutuhkan waktu lama. Tetapi jika dengan rasa kepedulian dan kekompakan, semua bisa diatasi,” papar pria yang menajabat sebagai Ketua Ranting Pemuda Pancasila (PP) itu.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Kabupaten Sukabumi, Heru Herlambang mengaku, selaku pimpinan organisasi PP, ia sangat mengapresiasi seluruh PAC yang selalu memberikan kontribusi baik dalam pembangunan di Sukabumi.

Menurutnya, aksi nyata tersebut sengaja dilakukan untuk meringankan pekerjaan pemerintah. Terlebih lagi, supaya tidak terjadi timpang tindih dalam pembangunan infrastuktur di pedesaan. “Tentunya dengan kegiatan ini diharapkan dapat meringankan pekerjaan pemerintah dalam meningkatkan faktor perekonomian warga,” bebernya.

Untuk itu, pihaknya terus selalu mengajak seluruh kader PP agar dapat menggelorakan kembali gotong royong kepada masyarakat diera globalisasi ini. Sebab ia menilai, budaya gotong-royong saat ini perlahan mulai dilupakan di kalangan masyarakat. Sebab itu, pihaknya mengajak pada seluruh anggotanya untuk bisa mengedepankan kebersamaan dalam segala hal.

“Setiap keluarga besar PP dari semua tingkatan, ketika melaksanakan kegiatan sosial di tengah-tengah masyarakat harus selalu mendapatkan apresiasi yang positif serta dukungan yang tinggi. Hal ini, kami lakukan untuk membantu masyakarakat dan menumbuh kembangkan semangat gotong royong warga yang saat ini mulai pudar,” pungkasnya. (Den/d)

loading...
loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close