Kecamatan Cibeureum

Dorong Realisasikan Inovasi Sipelum ke Transformasi Handphone

Kelurahan Cibereum Hilir, Kecamatan Cibeureum

Aplikasi Inovasi Sipelum Kelurahan Cibeureum Hilir akan berubah menjadi aplikasi yang mudah di download warga pada Hp user.

Laporan Hiti Robiah

Kelurahan Cibereum Hilir memiliki luas wilayah 264,875 Ha. Dengan pembagian wilayah Pemerintah Kelurahan Cibeureum Hilir sebanyak 12 RW dan 53 RT.

Pelaksana tugas (Plt) Lurah Cibereum Hilir, E. Mulyadi, mengatakan, kini Kelurahan Cibereum Hilir memiliki inovasi layanan Sistem Pelayanan Umum (Sipelum). Namun, imbuhnya, belum bisa di-launching dalam waktu dekat karena perlu dimaksimalkan kembali.

“Sementara pada 2019 kami menargetkan inovasi Sipelum dilaunching. Kami akan kemas menjadi aplikasi berbasis android supaya mudah melayani warga,” ujarnya.

Sipelum adalah inovasi yang dapat membantu warga memudahkan membuat SKU atau form lainnya yang dibutuhkan. Menurutnya, sebelumnya, cara kerja Sipelum adalah warga datang ke kantor kelurahan dan membawa KTP lalu operasikan komputer sendiri dengan memasukan NIK pribadi.

Sehingga, muncul sendiri folder warga tersebut. Cara yang lebih efektif dibanding dengan mengantre seperti sebelumnya yang mengharuskan warga antre di kantor untuk mengisi formulir satu per satu.

Akan tetapi, semakin mengikuti perkembangan zaman dan semakin banyak permintaan warga untuk lebih memudahkan pelayanan maka Mulyadi dan seluruh pegawai Kelurahan Cibereum Hilir antusias dengan masukan warga supaya semakin memudahkan pelayanan warganya dengan menciptakan Sipelum berbasis android ini.

“Diskominfo sudah menyanggupi penampungan data server untuk masyarakat Kelurahan Cibeureum, tinggal disempurnakan lagi. Nanti, yang nyaman juga warga kita sendiri, mereka bisa mengisi form yang dibutuhkan melalui android lalu tinggal datang ke sini jika sudah selesai. Semoga bisa terealisasi pada tahun ini,” pungkasnya. (cr5/d)

Tunggu Bantuan Kelurahan untuk Operasikan Sipelum, Penerangan, dan Pelebaran Jalan


Pelaksana tugas (Plt) E. Mulyadi

Pelaksana tugas (Plt) E. Mulyadi berharap di tahun 2019 memberi pelayanan lebih baik terhadap masyarakat Kelurahan Cibeureum Hilir.

“Semoga beberapa hal yang kami sampaikan di pra musrenbang beberapa waktu lalu membuahkan hasil, di antaranya penerangan dan pelebaran jalan untuk memudahkan para petani dalam proses memanen,” kata Mulyadi.

Ia juga berharap dana bantuan kelurahan yang rencana akan disalurkan pada bulan depan dapat membantu kelancaran proses transformasi Sipelum ke aplikasi android.

“Harapan kami, semoga dana bantuan kelurahan membantu memaksimalkan proses penyempurnaan Sipelum supaya memudahkan kami dan warga dari segi pelayanan,” pungkasnya.(cr5/s)

Tags

Tinggalkan Balasan