KESEHATAN

Donor Darah Bikin Sehat dan Awet Muda

WARUDOYONG –Wakil Direktur Unit Transfusi Darah (UPT) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Feri Pebriana mengatakan manfaat dari donor darah. Salah satunya membuat lebih sehat. ” Bisa bikin langsing dan awet muda,” katanya kepada Radar Sukabumi, belum lama ini. Feri mengatakan jika seseorang mendonorkan darahnya sama saja seperti mengeluarkan kalori dalam tubuh sebanyak 650 kalori.

“Bayangkan 650 kalori atau seperti satu porsi mie instan terbuang hanya dengan donor darah,” tutur Feri.

Feri mengimbau bagi kaum hawa yang ingin melangsingkan tubuhnya tanpa harus capek berolah raga silakan mencoba menjadi pendonor darah rutin. Hal lain yang disampaikan Feri adalah pendonor lebih awet muda.

“Karena darah lama yang didonorkan akan diganti dengan darah baru. Sehingga, membuat pendonor menjadi awet muda, sama halnya dengan kita mengendarai motor kan suka ganti oli secara rutin, nah tubuh pun perlu demikian,” imbuhnya.

Feri mengaku banyak warga Kota Sukabumi yang berubah pola hidupnya menjadi lebih disiplin setelah menjadi pendonor. “Himbauan kami kepada para pendonor untuk rutin donor darah tiap tiga bulan sekali,” ungkap dia.
Akan tetapi ada himbauan juga dari dirinya bahwa para pendonor agar menjaga pola makan setelah melakukan donor darah.

“Hati-hati juga bagi pendonor, biasanya setelah melakukan donor darah itu suka enak tidur dan suka enak makan, takut gagal lagi nanti dietnya,” cuitnya bercanda.

Pada kesempatan yang sama, seorang pendonor yang menunggu di ruang tunggu memberikan alasannya mendatangi UPT PMI Kota Sukabumi. “Ternyata saya merasa lebih sehat dan enak makan serta tidak gampang lelah,” aku Agri Hamdani pemuda yang mengaku mendonorkan darahnya sebanyak dua kali.

“Selain itu saya ingin membantu para pasien atau orang yang membutuhkan darah di Sukabumi, supaya mereka terbantu dengan darah saya ini dan menjadi amal ibadah buat saya,” bijak Agri. (cr5/d)

Tags

Tinggalkan Balasan