2019, Rancang Penataan Kawasan Wisata Curug Damar

Drs Sabar Suko, Camat Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi

Pada 2019, pihak Kecamatan Jampang Tengah mendorog untuk penataan kawasan Wisata Curug Damar dan senantiasa bersinergi dengan alim ulama setempat untuk terus mendorong visi misi Pemkab Sukabumi yang mewujudkan masyarakat Kabupaten Sukabumi Relijius Mandiri.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Bacaan Lainnya

Seperti yang disampaikan Sekmat Jampang Tengah, Kusyana S.IP yang mewakili Camat Jampang Tengah, Drs Sabar Suko bahwa pada 2019, pihaknya akan melakukan penataan wisata Kawasan Curug Damar di Desa Bantar Agung yang berada di arah selatan kantor Kecamatan Jampang Tengah.

“Ketinggian Curug Damar diperkirakan mencapai 20 meter yang lokasinya berada di daerah perkebunan,”katanya. Diharapkan hal ini bisa terwujud melalui bantuan dari P3K.

“Diharapkan ada jalinan kerja sama antara pihak perkebunan dengan pihak Desa Bantar Agung,”tuturnya seraya berharap untuk mewujudkan penataan kawasan wisata Curug Damar tersebut.

Ia menyebutkan penataan kawasan wisata Curug Damar yang dapat dilakukan, rencananya akan dibangun mushala, gazebo, rest area, dan lain sebagainya.

“Saat ini meminta inspektorat untuk melakukan kajian-kajian akan hal ini pada tahun ini,”katanya yang juga mengatakan pihak kecamatan akan mengawal terus sampai terwujudnya rencana tersebut.

Pada visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi bidang relijius pihaknya juga terus bersinergi dengan para ulama setempat. “Hal ini sebagai perwujudan mendukung visi misi Pemkab Sukabumi,”katanya.

Sementara itu, Kusyana mengatakan pihaknya mendorong adanya CSR dari SCG membantu mewujudkan perbaikan jalan pemerintah Provinsi Jawa Barat. (*)

Wilayah Berpotensi Pertanian, Perkebunan, Perdagangan, dan UKM

Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi yang dikepalai Camat Jampang Tengah, Drs Sabar Suko ini memiliki 11 desa antara lain, Desa Pada Beunghar, Jampang Tengah, Panumbangan, Tanjung Sari, Cijulang, Bantar Gadung, Bojong Jengkol, Bantar Panjang, Bojong Tipar, Nanggeleng, dan Sindang Sari.

Secara umum potensi yang ada di Kecamatan Jampang Tengah adalah pertanian, perdagangan, perkebunan, tambang kapur, UKM, juga pariwisata lokal. Kecamatan Jampang Tengah memiliki pasar minggon yang beroperasi pada Senin, Rabu, dan Sabtu.

Kecamatan Jampang Tengah juga memiliki sub terminal yang cukup dikenal adalah Bojong Lopang dekat kantor Kecamatan Jampang Tengah. Untuk potensi tambang kapurnya terdapat di Desa Padabeunghar.

Adapun untuk potensi perkebunannya salah satunya terdapat di Desa Panumbangan, yakni ada kebun cokelat. Sedangkan untuk potensi UKM nya terdapat enye di Desa Sindang Resmi, kecimpring, gula kawung dan kelapa, dan terubuk kaso yang menurut pihak kecamatan enak dimakan.

Sedangkan untuk potensi wisata lokalnya ada di daerah perkebunan, salah satunya wisata lokal Curug Damar yang diharapkan bisa menambah khasanah wisata Kabupaten Sukabumi. (dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *