Direktur ATKP Makassar Dinonaktifkan

KUNJUNGAN: Menhub Budi Karya Sumadi (tengah) di acara Aero Summit di Jakarta, beberapa waktu lalu.

JAKARTA – Kasus kematian taruna Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP), Aldama Putra Pongkala (19), telah diinvestigasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Berdasarkan hasil investigasi itu, Kemenhub memutuskan menonaktifkan Direktur ATKP Makassar Agus Susanto. Untuk sementara Direktur ATKP Makassar dijabat oleh pelaksana tugas (Plt).

Sedangkan taruna senior yang diduga melakukan tindak kekerasan terhadap Aldama, yakni Muhammad Rusdi dihukum skorsing dan telah diserahkan ke kepolisian untuk proses hukum.

“Setelah kami melakukan investigasi dan pertemuan internal, kami menonaktifkan Direktur ATKP Makassar dan menskorsing satu orang untuk menjalani pemeriksaan pihak kepolisian,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seperti dilansir laman Kemenhub pada Minggu (9/2).

Penganiayaan yang berujung kematian taruna Aldama terjadi pada Minggu (3/2). Tindakan kekerasan taruna senior, diduga dipicu karena korban tidak mengenakan helm saat mengendarai motor di area kampus.

Budi menjelaskan hasil investigasi Kemenhub menyimpulkan, diduga terjadi penyimpangan terhadap sistem dan prosedur yang berlaku sehingga menyebabkan satu taruna ATKP Makassar meninggal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *