KABUPATEN SUKABUMI

95 Atlet Tarung Derajat Diuji

SUKABUMI – Puluhan atlet cabang olahraga (Cabang) Tarung Derajat se-Kabupaten Sukabumi mengikuti ujian kenaikan tingkat (UKT) di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Jalan Raya Ahmad Yani, Kelurahan/Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, kemarin (10/2).

Kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi atlet dan menjaring bibit unggul dalam mempersiapkan pekan olahraga daerah (Porda) Jawa Barat mendatang.

Tim Penguji Kenaikan Tingkat Tarung Derajat Kabupaten Sukabumi, Helbi Husni Mubarok mengatakan, ujian kenaikan tingkat merupakan sebuah ajang untuk menguji kemampuan atlet dalam menyerap materi yang sudah diberikan dari para pelatihnya masing-masing selama ini.

“Ujian kenaikan tingkat dalam Cabor Tarung Derajat ini, diikuti 95 atlet. Mereka berusia dari 6 tahun sampai 70 tahun. Namun yang paling banyak rata-rata dari peserta berusia 15 tahun,” jelas Helbi kepada Radar Sukabumi, kemarin (10/2).

Dalam ujian kenaikan tingkat tersebut, ujar Helbi, selain dapat membentuk mental para atlet juga dapat menggali potensi generasi muda agar memiliki jiwa ksatria. “Untuk itu, dalam pengujian kenaikan tingkat ini para peserta akan dinilai semua gerakannya, mulai dari gerakan pukulan, tendangan, sikap, duduk dan gerakan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selama ini atlet Tarung Derajat di Kabupaten Sukabumi, sudah beberapa kali mengikuti perlombaan baik tingkat daerah, provinsi hingga nasional. “Baru-baru ini, Cabor Tarung Derajat sudah menyumbangkan dua medali perunggu pada kategori petarung putera kelas 75,1 kilogram sampai 80 kilogram pada ajang Porda 2018 yang diselenggarakan di Bogor,” paparnya.

Sementara itu, seorang peserta ujian, Muhammad Nadif (9), warga Kecamatan Cicantayan mengaku bangga bisa menjadi bagian dari peserta yang mengikuti ujian. Menurutnya, Satuan Latihan (Satlat) Tarung Derajat di Kabupaten Sukabumi bisa merangkul semua usia untuk bergabung dalam cabang olahraga bela diri tersebut.

“Saya berharap dengan diselenggarakannya ujian kenaikan tingkat Tarung Derajat ini, dapat meningkatkan prestasi, kualitas dan kuantitas para atlet. Sehingga para atlet dapat mengukir prestasi gemilang yang bisa membawa nama baik Kabupaten Sukabumi pada masa mendatang,” pungkasnya.

 

(Den/d)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close