PENDIDIKAN

Sekolah Swasta Harus Jadi Pilihan

SUKABUMI – Walikota Sukabumi Achmad Fahmi menilai, jika sekolah-sekolah swasta di Kota Sukabumi harus mulai menawarkan kualitas pendidikan yang lebih baik, ketimbang sekolah negeri.

Hal tersebut diungkapkan Fahmi lantaran dia berharap di tahun ajaran 2019/2020, sekolah swasta harus menjadi sekolah pilihan bukan lagi menjadi sekolah alternatif.

“Untuk peningkatan kualitas pendidikan, tentunya sekolah swasta harus bekerja ekstra melakukan pembenahan dalam berbagai aspek,” ungkap Fahmi kepada Radar Sukabumi.

Misalnya, terkait sarana prasana, guru dan tenaga kependidikan yang profesional dan lain sebagainya.

“Apalagi sekarang kan untuk penerimaan sistem baru menggunakan zonasi, dan tahun kemarin itu saya mendengar banyak sekolah swasta di Kota sukabumi yang banyak kekurangan murid,” ujarnya.

Tentunya lanjut Fahmi, hal tersebut juga dilihat bagaimana konsistensi sebuah lembaga pendidikan khususnya swasta di satu sisi dan di sisi lain juga konsisten bagaimana pelajar sekolah swasta bisa memunculkan ide-ide kreatif, inovatif dan mengeksplor kemampuan individu mereka untuk dimunculkan dalam sebuah panggung seni budaya.

“Selain upaya yang tadi, juga bisa salah satunya sekolah swasta meningkatkan atau memunculkan banyak kegiatan ekstrakulikulernya, semakin banyak dengan kegiatan ekstrakulikuler dan semakin banyak meraih banyak prestasi mungkin bisa menjadi pertimbangan orang tua murid yang ingin mendaftarkan ke sekolah swasta,” terangnya.

Menurutnya, semakin banyak kreativitas dan inovasi yang ditawarkan oleh sekolah swasta, maka akan semakin tinggi minat pelajar untuk melanjutkan ke sekolah swasta.

“Untuk itu, saya berharap tahun ini sekolah swasta harus menjadi sekolah pilihan bukan jadi sekolah alternatif maka dari itu perlu kita kuatkan lembaga pendidikan swasta,” katanya.

Untuk itu, pihak berjanji Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi akan terus mendukung SMA/SMK sederajat negeri ataupun swasta di Kota Sukabumi.

Ia menegaskan, meski saat ini lembaga pendidikan SMA/SMK sederajat di bawah kewenangan Provinsi Jawa Barat (Jabar), Pemkot Sukabumi tidak akan lepas tangan dan akan buktikan bagaimana keberpihakannya kepada lembaga pendidikan SMA sederajat khususnya swasta akan terus mendapatkan suport dari Pemkot Sukabumi.

“Kami (Pemkot Sukabumi,red) akan terus melakukan kolaborasi untuk pendidikan yang lebih baik di Kota Sukabumi ini,” pungkasnya. (wdy)

Tags

Tinggalkan Balasan