KOTA SUKABUMI

12 Halte Akan Dibangun Sepanjang Lingsel

RADARSUKABUMI.com, WARUDOYONG – Kementrian Perhubungan rencananya akan membangun 12 halte di sepanjang Jalur Lingkar Selatan Sukabumi. Hal itu dilakukan, untuk menunjang operasional bus rapid transit yang telah dihibahkan kepada Pemerintah Kota Sukabumi.

Rencana Kementrian Perhubungan itu, di ungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdurachman. Menurutnya, pembangunan halte di sepanjang Jalur Lingkar Selatan itu sudah disampaikan kepada Kementrian.

Usulan tersebut, untuk menunjang pengoperasian BRT. “Jadi, rencananya 12 halte disebar disepanjang Jalur Lingsel. Usulan pembangunan sudah kami sampaikan semoga saja bisa terealisasi,” ungkapnya, belum lama ini.

Estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan halte tersebut, sebut Abdurachman, diperkirakan mencapai Rp 12 miliar. Rencananya, pembangunan halte itu ditarget bisa dilaksanakan tahun depan.

“Walaupun saat ini belum ada halte, tapi lima BRT itu tetap akan dioperasikan terlebih dahulu. Semoga saja bisa beroperasi pada April mendatang,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, Disbub Kota Sukabumi akan melakukan survei untuk mengetahui titik-titik potensial penumpang BRT. Dari hasil survei itulah ditentukan posisi 12 halte pendukung operasionalnya. “Kami akan cek terlebih dahulu, posisi halte yang akan dibangun harus berada pada potensi penumpang,” ungkapnya.

Untuk rencana pengoperasian BRT itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi. Selain itu, walaupun Jalur Lingsel merupakan milik provinsi, namun kewenangan untuk manajemen dan rekayasa lalu lintas masuk lingkup kewenangan Pemkot dan Pemkab Sukabumi.

“Pada prinsipnya, Pemkab Sukabumi mendukung kehadiran Si Tayo. Sekarang tinggal memikirkan nama bus tersebut. Di Bogor namanya Trans Kujang. Kemungkinan besar di kita namanya Trans Sukabumi,” pungkas Abdul. (upi/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *