World Class University, 5 Program Internasional Universitas Nusa Putra

Genusian adalah Genera­si Nusa Putra Brilian. Is­tilah ini disematkan ke­pada seluruh civitas aka­demika Universitas Nu­sa Putra.

Tujuan Program Internasional bagi Genusian, adalah mengubah mindset mahasis­wa dan dosen agar open minded, sehingga me­miliki rasa percaya diri tinggi baik sebagai bangsa, maupun ke­il­mu­an yang dikuasainya dalam ber­in­teraksi secara global.

Bacaan Lainnya

Ini merupakan proses revolusi mental mahasiswa dan dosen agar ti­dak berpikir bahwa belahan dunia ba­rat selalu lebih unggul. Kita setara, bahkan dapat melampuinya.

Sedangkan bagi mahasiswa asing, program ini bertujuan me­nge­nalkan Indonesia, agar mereka memper­oleh pengalaman dan wawas­an, sehingga akan menghargai Indonesia sebagai bangsa besar, dan kaya akan budaya. 

  1. UNsP-Go atau KKN Internasional

Beberapa mahasiswa telah merealisasikan mimpinya melalui program NSP-Go, di mana mereka berkunjung ke luar negeri tanpa mengeluarkan biaya, karena akomodasi dan fasilitas ditanggung pihak kampus sebagai reward bagi yang berhasil mengikuti program ini dengan baik. Beberapa kegiatan yang mereka lakukan di antaranya, studi wisata museum dan tempat bersejarah, serta mengikuti seminar.

Awal 2018 lalu, beberapa mahasiswa mengambil program KKN di Thailand dan Taiwan selama enam minggu. Di negara tersebut, mereka berinteraksi dengan masyarakat dalam bentuk kegiatan sosial dan mengajar, sekaligus transfer budaya antara kedua negara.

Dua program ini bertujuan agar semua mahasiswa Nusa Putra ke depannya memiliki pengalaman internasional untuk meningkatkan kepercayaan diri, menambah wawasan global, dan pengalaman.

Ke depan, program internasional seperti ini akan terus dikembangkan, baik bagi Genusian maupun mahasiswa asing. Beberapa program baru bagi Genusian yang telah dan akan dijalankan antara lain, Student Exchange on Research, yakni kegiatan magang riset di kampus luar untuk penyelesaian Tugas Akhir.

  1. Study Indonesian Program dan Abroad Internship Program

Sejak 2014, Universitas Nusa Putra telah mendatangkan mahasiswa asing dari 17 negara, seperti Inggris, Finlandia, Spanyol, Jerman, Belanda, Itali, Prancis, Romania, Slovakia, Lithuania, Australia, Rusia, Kanada, Hungaria, Skotlandia, Portugal, Turki, bahkan hingga Maroko.

Semua mahasiswa asing tersebut bernaung di bawah Study Indonesian Program (SIP) dan Abroad Internship Program (AIP), yang dirancang selama enam bulan. SIP bertujuan memberi wawasan mengenai Indonesia dari berbagai aspek. Sedangkan AIP, memberikan mahasiswa asing pengalaman magang internasional di negara berkembang, sehingga mereka memperoleh input mengenai realita dunia kerja sesungguhnya.

Output positif diperoleh Nusa Putra adalah tercipta lingkungan kampus multikultur yang merupakan bagian dari misi perguruan tinggi. Kampus multikultur sendiri bertujuan agar terjadi kesetaraan antara mahasiswa asing dengan Nusa Putra. Kesetaraan dimaksud dapat dilihat dari adanya interaksi antara Genusian dengan mahasiwa asing melalui komunikasi dalam Bahasa Inggris, baik di kelas, maupun dalam kegiatan sosial seperti saat menjadi sukarelawan bencana alam.

  1. Double Degree Program

Double Degree Program, atau program kuliah dengan gelar ganda, bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiwa mendapat dua gelar sekaligus dengan belajar dua tahun di Nusa Putra dan dua tahun di kampus luar negeri.

Untuk tahun 2018 saja, sekira 200 mahasiswa dikirim ke berbagai negara seperti Taiwan, Korea Selatan, Jepang, Kanada, China, dan Amerika Serikat. Program magang sekaligus bekerja ini berkat kerjasama dengan Hung-Chi International. Co.Ltd dan sudah berjalan semenjak 2017 lalu.

Hung-Chi International merupakan bagian dari EVERBRIGHT Group yang berdomisili di Taiwan. Hung-Chi International sebuah perusahaan yang khusus merekrut tenaga-tenaga terampil untuk ditempatkan di berbagai negara. Selain itu, Hung-Chi International juga menyuplai tenaga profesional untuk ditempatkan di berbagai perusahaan ternama, seperti produsen smartphone i-Phone, Apple.

Seiring kepercayaan terhadap sumber daya manusia (SDM) jebolan Universitas Nusa Putra, untuk 2018 ini, pihak Hung-Chi International memberi kuota minimal sebanyak 200 mahasiswa untuk magang sekaligus bekerja di Taiwan, Jepang, Korea, dan Kanada.

  1. Konferensi dan Seminar Internasioal

Akhir tahun 2017 lalu, Program Internasional menggelar perhelatan 3rd International Conference on Computing, Engineering, and Design (ICCED), di International Islamic University Malaysia (IIUM), di mana paper dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Putra dipresentasi dan dipublikasikan IEEE X-plore yang terindeks Scopus.

Kegiatan ini bertujuan agar dosen dan maha­siswa termotivasi dan produktif menghasilkan penelitian, dan dipublikasikan di luar negeri. Kegiatan ini diikuti presenter dari berbagai negara Asia dan Eropa, ini kesempatan bagi Genusian untuk sharing, sehingga akan terjadi transfer keilmuan dan tek­nologi.

Selama tiga kali menggelar konferensi di Singapura dan Malaysia, lebih dari 200 mahasiwa dan dosen Nusa Putra terlibat. Untuk tahun 2018 lalu, konferensi keempat digelar di Negeri Gajah Putih, Thailand, dengan melibatkan sekira 100 dosen dan mahasiswa. Prestasi yang diraihpun terus meningkat dengan banyaknya presenter dari Uiversitas Nusa Putra yang meraih Kategori Best Paper dan Best Presenter.

5th ICCED 2019 akan digelar di Singapura pada bulan April.

  1. Full Scholarship Abroad

Jika Social Culture Abroad adalah kegiatan mahasiswa Universtas Nusa Putra mengunjungi negara tertentu untuk mempelajari sosial dan kultur negara tujuan, dan Summer Course Program, diadakan bagi mahasiswa asing yang ingin belajar sambil berwisata ke tempat-tempat bersejarah di Indonesia.

Maka Full Scholarship Abroad adalah program beasiswa penuh bagi mahasiwa asing seluruh dunia untuk melanjutkan kuliah berbagai jurusan di Nusa Putra. Beasiswa diberikan selama empat tahun untuk program sarjana, dan tiga tahun untuk diploma.

Full Scholarship Abroad adalah beasiswa dan dana siswa berupa bantuan biaya dan tunjangan hidup selama menjalani masa kuliah. Full Scholarship Abroad ini diadakan oleh yayasan ataupun lembaga bertujuan memberikan pembiayaan kuliah bagi mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi di Univesitas Nusa Putra.

Program scholarship ini juga sekaligus merupakan program pertukaran pelajar dari universitas lain sekaligus untuk mengukuhkan Univesitas Nusa Putra sebagai salah satu kampus multikultur dan world class university di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *